14 Contoh Perubahan Sosial Yang Terjadi Di Masyarakat

14 Contoh Perubahan Sosial yang terjadi di Masyarakat - Sebelum kita membahas tentang Contoh Perubahan Sosial, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu, sebenarnya apa itu perubahan sosial. Perubahan sosial sebenarnya lebih mengacu pada sebuah perubahan dalam proses tata sosial dalam masyarakat.

Beberapa  perubahan sosial ini termasuk juga perubahan dalam lingkungan, lembaga, perilaku dan juga hubungan  sosial. Selain itu, perubahan sosial juga bisa mengacu pada gagasan untuk sebuah kemajuan sosial dan juga evolusi  sosial dan budaya.

14 Contoh Perubahan Sosial Yang Terjadi Di Masyarakat
Ilustrasi - Contoh Perubahan Sosial

Perubahan sosial itu sendiri biasanya  dapat berlangsung dengan sangat cepat ataupun lambat dan umumnya sangat tidak bisa disadari oleh masyarakat dalam sebuah negara. Karena hanya beberapa orang yang mengetahuinya ketika orang tersebut mulai membandingkan kehidupan sosial di masa lalu dan masa saat ini.

Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat biasanya dapat terjadi masyarakat itu sendiri menginginkan sebuah perubahan. 

Perubahan ini  juga bisa terjadi adanya sebuah dorongan dari luar sehingga dengan secara tidak disadari masyarakat sudah ikut dalam perubahannya. Dan secara singkat berikut ini adalah beberapa contoh perubahan sosial yang bisa anda sadari diantaranya :

1. Dalam berkomuniasi

Internet sudah dapat melakukan perubahan sosial dari cara seseorang melakukan komunikasi antar individu ataupun kelompok. Saat ini hampir semua orang sudah sangat terbiasa dengan cara berkomunikasi yang dilakukan secara tertulis yang mana melalui aplikasi chatting yang sudah disediakan. Dengan demikian komunikasi dirasa lebih mudah, hemat dan juga jauh lebih cepat sehingga makin mendorong orang untuk tetap berkomunikasi walaupun memiliki jarak yang jauh.


2. Terjadinya Perang

Perang bisa membuat sebuah perubahan sosial secara total dari kehidupan bermasyarakat. Beberapa kelompok masyarakat yang dapat bersatu dan melawan musuh atau ada juga beberapa kelompok masyarakat yang akhir terpecah belah karena terjadinya perang ini.


3. Perubahan Yang besar

Jika ada sebuah gerakan masyarakat dalam jumlah yang cukup besar bisa menjadi salah satu contoh terjadinya perubahan sosial. Dan salah satu contohnya adalah gerakan masyarakat dari Suriah atau dari gerakan mahasiswa Indonesia pada tahun 1998.


4. Terjadinya Perkembangan Zaman

Perkembangan dari zaman adalah satu contoh perubahan sosial. Seperti yang ketahui jika saat ini ada banyak orang yang pada akhirnya memilih untuk sibuk untuk bekerja jika dibandingkan dengan ikut bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Acara berkumpul bersama dengan masyarakat saat ini makin lama makin ditinggalkan karena masyarakatnya memiliki kesibukan masing - masing.


5. Terjadinya Akulturasi

Akulturasi yang terjadi pada dua masyarakat yang cukup berbeda juga bisa merubah tata cara kehidupan sosial dari lingkungan masyarakat tersebut. Kedua masyarakat akan menjadi satu kesatuan masyarakat.


6. Terjadinya Revolusi Industri

Revolusi Industri yang dulu pernah terjadi di Inggris membuat sebuah perubahan sosial yang terjadi sangat besar. Dan salah satunya yang sangat terlihat adalah perbedaan yang sangat jauh dari hubungan buruh dan juga majikan yang semakin terlihat menjauh.

7. Kepercayaan ( Religi )

Contoh nyata, dahulu orang Indonesia berpegang teguh pada ajaran nenek moyang atau leluhur yang telah tiada, namun sekarang mereka mengedepankan logika dan dengan bukti - bukti yang telah ada.

8. Pola Hidup

Semakin kesini masyarakat lebih memilih membeli sesuatu dibanding membuat sesuatu, mungkin saja karena kita terlena dengan teknologi yang ada.

9. Perilaku

Dalam kasus ini banyak contoh anak yang sudah membantah kepada orang tua mereka, baik perintah maupun larangannya.

10. Emansipasi Wanita

Emansipasi wanita semakin berkembang, di Indonesia tempo dulu wanita hanya berperan sebagai pendukung rumah tangga yang kerjanya di rumah terus. Sekarang mereka bisa bekerja sesuai dengan kemampuan mereka.


11. Masyarakat Semakin Kritis

Teknologi informasi semakin berkembang, berbagai media cetak online maupun offline banyak beredar. Namun kita harus bisa mengolah informasi yang ada dengan fakta yang memang benar - benar valid.


12. Model Rambut

Banyak pelajar yang suka meniru  artis idola mereka sehingga menimbulkan efek 'hitz' dalam pergaulan mereka. Namun juga harus dalam pengawasan yang pas supaya apa yang mereka lakukan tidak berlebihan.


13. Kesenian

Karena banyaknya berbagai kesenian yang masuk dari luar negeri beberapa kesenian asli dari Indonesia sudah jarang ditemukan. Namun tetap saja masih ada yang populer dan dilestarikan hingga saat ini.


14. Permainan

Dalam hal permainan juga ditemukan banyak kasus permainan asli Indonesia yang hilang. Sekarang sudah tidak bisa menjumpai berbagai permainan asli Indonesia seperti hal nya congkat ataupun gobak sodor. Sekarang lebih banyak yang memilih bermain  game online yang terdapat di game station.

Itulah Beberapa uraian tentang Contoh Perubahan Sosial yang sangat bisa dirasakan dan terlihat di kehidupan masyarakat saat ini. Perubahan sosial terjadi dari sebuah lingkungan masyarakat itu sendiri bukan dikarenakan faktor luar saja, melainkan juga bisa terjadi karena faktor internal dari masyarakatnya itu sendiri yang menginginkan perubahan sosial.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel