Nilai - Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila

Nilai - Nilai Pancasila - Pengertian ( Nilai ),  Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukan kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia. Adanya dua macam nilai tersebut sejalan dengan penegasan pancasila sebagai ideologi terbuka. Perumusan pancasila sebagai dalam pembukaan UUD 1945. Alinea ke 4 dinyatakan sebagai nilai dasar dan penjabarannya nilai instrumental. Nilai dasar tidak berubah dan tidak boleh diubah lagi. Betapapun pentingnya nilai dasar yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 tersebut, sifatnya belum operasional. Artina kita belum dapat menjabarkannya secara langsung dalam kehidupan sehari.  Penjelasan UUD 1945 itu memerlukan penjabaran lebih lanjut.  Penjabaran itu sebagai arahan untuk kehidupan nyata yang kemudian dinamakan  Nilai instrumental.


Nilai - Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila

Nilai Instrumental harus tetap mengacu  kepada nilai - nilai dasar yang dijabarkannya, penjabarannya itu bisa dilakukan secara kreatif dan dinamis dalam bentuk - bentuk baru untuk mewujudkan semangat  yang sama dan dalam batas - batas yang dimungkinkan oleh nilai dasar itu. Penjabarannya itu tidak boleh bertentangan dengan nilai - nilai dasarnya.

Nilai - nilai dasar pancasila dijadikan landasan pokok, landasan fundamental bagi penyelenggara negara Indonesia.  Nilai - nilai dasar dari pancasila tersebut adalah nilai ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, nilai kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, dan nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.


Makna Nilai dalam Pancasila

a. Nilai Ketuhanan

Nilai ketuhanan Yang Maha Esa mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pencipta alam semesta. Dengan nilai ini menyatakan bangsa indonesia merupakan bangsa yang religius bukan bangsa yang ateis. Nilai ketuhanan juga memiliki adanya pengakuan akan kebebasan untuk memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama,tidak ada paksaan serta tidak  berlaku diskriminatif antar umat beragama.

Implementasi nilai ketuhanan adalah :
  1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan sesuai dengan ajaran dan kepercayaan masing - masing.
  2. Hormat menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda - beda sehingga terbina kerukunan hidup.
  3. Saling menghormati dan kebebasan menjalankan ibadat sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
  4. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan orang lain.

b. Nilai Kemanusiaan

Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai - nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.

Implementasi nilai kemanusiaan adalah :
  1. Mengakui persmaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.
  2. Saling mencintai sesama manusia.
  3. Mengembangkan sikap tenggang rasa.
  4. Mengakui adanya masyarakat yang bersifat majemuk dan saling menghargai adanya perbedaan tersebut.
  5. Melakukan  musyawarah, jujur dan saling bekerja sama.
  6. Melakukan sesuatu dengan pertimbangan moral dan ketentuan agama sebagai manusia yang beradab.

c. Nilai Persatuan

Nilai Persatuan indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Implementasi nilai persatuan :
  1. Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan bangsa dan negara serta keselamatan  bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  2. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
  3. Cinta tanah air dan bangsa.
  4. Bangga sebagai bangsa indonesia.
  5. Saling menghormati adanya perbedaan suku, ras etnis dan agama sehingga dapat terjadinya persatuan.

d. Nilai Kerakyatan

Nilai kerakyatan yang dimpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga - lembaga perwakilan.

Implementasi nilai kerakyatan :
Mengutamakan kepentingan bersama.
  1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
  2. Mengutamakan musyawarah dalam pengambilan  keputusan untuk kepentingan bersama.
  3. Keputusan musyawarah yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan.

e. Nilai Keadilan

Nilai Keadilan sosial bagi  seluruh rakyat Indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia yang Adil dan Makmur secara lahiriah atau batiniah. Nilai - nilai dasar itu sifatnya abstrak dan normatif. Karena sifatnya  abstrak dan normatif, isinya belum dapat dioperasionalkan. Agar dapat bersifat  operasional dan eksplisit perlu dijabarkan ke dalam nilai  instrumental. Contoh nilai instrumental tersebut adalah UUD 1945 dan peraturan per undang - undangan lainnya.

Implementasi nilai keadilan :
  1. Ber buat luhur dan saling membantu dan gotong royong.
  2. Bersikap adil.
  3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  4. Menghormati hak - hak  orang lain.
  5. Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  6. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
Sebagai nilai dasar, nilai  - nilai tersebut menjadi sumber nilai. Artinya, dengan bersumber pada kelima nilai dasar di atas dapat dibuat dan dijabarkan nilai - nilai  instrumental penyelenggaraan negara Indonesia.

Itulah  uraian tentang Nilai - nilai Pancasila. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel