Rukun Shalat Yang Wajib Anda Ketahui

Rukun Shalat - Pengertian  Rukun Shalat itu sendiri ialah setiap  perkataan maupun tindakan yang akan membentuk sebuah hakikat shalat, apabila salah satu dari rukun ini sampai tidak ada, maka shalat yang kita kerjakan itu akan tidak dianggap secara syar'i serta bisa juga kita menggantikannya dengan melakukan sujud sahwi. Jadi untuk anda yang beragama islam, maka anda wajib mengetahui apa saja rukun shalat wajib itu. Karena apabila anda tidak mengetahui apa saja mengetahui syarat sah-nya shalat. Barang kali saja dari cara anda melakukan shalat itu ada yang masih salah.

Untuk itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba terlebih dahulu melihat apa saja rukun - rukun shalat yang ada dan yang benar itu, sehingga ketika anda mengerjakan shalat. Maka anda dapat mengerjakan shalat tersebut sesuai dengan tuntunan yang telah diberikan. 


Rukun Shalat Yang Wajib Anda Ketahui
Ilustrasi
 Dan untuk anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui apa saja rukun dari shalat itu secara lebih lengkap dan jelas, maka ada baiknya apabila anda langsung saja melihat rukun - rukun shalat tersebut secara detail dan jelas pada pembahasan yang akan kami jelaskan di bawah ini. Dan untuk anda yang belum mengetahui apa saja rukunya, maka ada baiknya jika anda menyimpan atau mencatat ulang rukun tersebut. Sehingga anda tidak akan lupa dengan rukun dari shalat itu sendiri.


13 Rukun Shalat

  1. Berdiri secara tegak ( bagi yang mampu ) pada saat mengerjakan shalat itu merupakan rukun yang pertama, hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT yang terdapat di dalam Al -Qur'an surat Al - Baqarah ayat 238. Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah bersabda yaitu " Shalatlah dengan berdiri". (HR. Bukhari).
  2. Melakukan Takbirotul ihram atau mengucapkan Allahu Akbar, dan tidak boleh mengucapkan kata - kata lainnya.
  3. Membaca surat Al - Fatihah merupakan rukun ketiga dari shalat yang dibacakan untuk setiap rakaatnya, hal tersebut sesuai dengan hadits Mutaafaqun 'alaih yang mengatakan " Tidak ada shalat untuk orang yang tidak membaca Al Fatihah.
  4. Melakukan Ruku
  5. Selanjutnya ialah melakukan I 'tidal/ berdiri dengan tegak setelah melakukan ruku'
  6. Sujud menggunakan tujuh dari anggota tubuh.
  7. Melakukan duduk diantara dua suju, dalil dari rukun shalat.
  8.  Melakukan Thuma'ninah di dalam semua amalan shalat.
  9. Melaksanakan dengan tertib setiap rukun shalat yang dikerjakan.
  10. Melakukan Tasyahud Akhir.
  11. Duduk diantara tasyahud akhir, hadits yang menjelaskan duduk tasyahud akhir ini menjadi salah satu rukun shalat ialah sesuai dengan sabda dari Rasulullah SAW oleh Muttafaqun 'Alaih yang berkata : "Jika seseorang dari kalian duduk dalam shalat, maka hendaklah ia mengucapkan At- Tahiyyat".
  12. Membaca shalawat Nabi Muhammad SAW.
  13. Melakukan dua kali salam, seperti  yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW yang berbunyi " ....dan penutupnya ( shalat ) ialah salam."

Kiranya cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai 13 Rukun Shalar yang  wajib anda ketahui, mudah - mudahan saja, dari apa yang telah kami uraikan sebelumnya di atas, semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai langkah - langkah yang perlu anda perhatikan ketika anda sedang mengerjakan shalat, ada beberapa hal dari rukun shalat di atas itu yang anda lupakan. Sehingga menjadikan shalat yang  anda kerjakan itu tidaklah sah, dan hal tersebut juga pastinya akan  merugikan anda sendiri, karena anda harus mengulang shalat tersebut. Atau mungkin juga anda dapat menggantinya dengan melakukan sujud sahwi seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Demikin uraian di atas tentang Rukun Shalat yang wajib anda ketahui, semoga uraian di atas dapat bermanfaat bagi anda semua dalam melaksanakan shalat, sehingga anda dalam melaksanakan sesuai dengan rukun - rukun shalat  dan tidak merugikan bagi anda sendiri. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rukun Shalat Yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel