Unsur - Unsur Peta

Unsur - Unsur Peta - Peta yang baik memberikan informasi yang benar. Peta yang baik memberikan informasi keadaan suatu daerah. Peta yang baik menunjukan letak dan jarak suatu tempat secara jelas dan pasti. Peta yang baik memuat sejumlah unsur. Unsur - unsur itu membantu kita mengetahui keadaan sebenarnya. Apa saja saja unsur - unsur tersebut ?  untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan tentang unsur - unsur peta itu sendiri.


Unsur - Unsur Peta

Unsur - unsur peta tau informasi tepi pada peta terdiri dari judul peta, orientasi arah, legenda peta, insert, garis lintang dan garis bujur, skala peta, sumber peta, tahun pembuatan, dan simbol kenampakan alam dan hutan.


Unsur - unsur Peta

a. Judul Peta

Judul peta adalah nama yang menunjukan wilayah yang hendak dicitrakan dalam peta. Judul peta harus ditulis dengan huruf kapital seluruhnya, misalnya;
  • BANDUNG
  • JAWA BARAT

b. Orientasi Arah Peta

Orientasi arah ditambahkan pada peta untuk lebih mempermudah pembacaan peta. 
Orientasi arah menunjukan mata angin pada peta yang digambarkan. Orientasi arah menggunakn sebuah panah yang menunjuk ke arah utara peta.

Karena itu, pada panah orientasi arah, dituliskan huruf U ( singkatan kata Utara ), atau dalam peta  internasional kana ditulis N ( North). Sebagai acuan, bila kita menghadap ke arah utara, maka punggung mengarah ke selatan, tangan kanan kita ke timur, dan tangan kiri kita ke barat.


c. Legenda Peta

Legenda adalah bagian yang memuat keterangan tentang simbol - simbol yang dipergunakan di dalam peta. Biasanya,  legenda ditempatkan  di bagian bawah peta.

 1. Warna
Arti warna dalam peta sebagai berikut :
  • warna hijau menunjukan dataran rendah
  • warna kuning menunjukan dataran tinggi
  • warna cokelat menunjukan daerah pegunungan
  • warna putih menunjukan puncak pegunungan yang tertutup salju
  • warna biru menunjukan daerah perairan ( laut, sungai, danau). Warna biru untuk laut. dibedakan ketajamannya, Gunanya untuk menunjukan kedalaman laut. Warna biru tua untuk laut dalam dan biru muda untuk latu dangkal.

 2. Garis 
Arti simbol - simbol garis  dan gambar pada peta sebagai berikut :


Unsur - Unsur Peta
Simbol garis dan gambar pada Peta

d. Inset Peta

Inset merupakan tambahan kecil pada peta yang disajikan. Inset dibuat untuk mempermudah pengguna peta mengetahui gambar wilayah dari peta disajikan.

Inset diletakan di bagian sudut peta atau ruang peta yang kosong. Inset berfungsi untuk memperjelas lokasi peta utama dalam kaitannya dengan daerah sekitarnya yang lebih luas.

e. Garis Lintang dan Garis Bujur

Garis lintang dikenal pula dengan istilah garis paralel. Garis lintang merupakan garis khayal yang dibuat seolah melintang dan memisahkan bumi menjadi dua bagian, utara dan  selatan. Garis lintang dipakai untuk menunjukan pembagian daerah dan iklimnya.

Garis lintang ditarik dari bagian kiri ke kanan. Dalam kartografi, bumi digambarkan memiliki 180 garis lintang yang terbagi menjadi 90 garis lintang utara ( 0O - 90OLU ) dan (90 garis lintang selatan ( 0O - 90OLS). Garis 0O lintang dikenal dengan sebutan garis khatulistiwa yang tepat berada di tengah - tengah bumi.

Garis bujur dikenal juga istilah garis meridian. Garis bujur merupakan garis - garis imajiner yang dibuat seolah membujur dari kutub ke kutub selatan. Garis bujur digunakan untuk membagi daerah waktu.

Dalam ilmu kartografi, bumi digambarkan memiliki 360 garis bujur yang terbagi menjadi 180 garis bujur barat (0O -180OBB ) dan 180 garis bujur timur ( 0O - 180OBT). Garis 0O bujur disepakati dihitung dari garis bujur yang melintasi Kota Greenwich di Inggris, dan garis tersebut dikenal dengan sebutan Garis Greenwich.


f. Skala Peta

Peta harus disertai dengan skala untuk mengetahui ukuran sebenarnya. Skala peta dapat dibuat berupa skala pecahan, skala verbal atau skala grafis.

Ada dua macam jenis skala, yaitu skala angka dan skala garis :

1. Skala Angka ( skala numerik ) 
Skala angka disebut juga skala perbandingan. Skala biasanya ditulis di bagian bawah. Misalnya dalam sebuah peta kita menemukan Skala 1 : 10.000 ( dibaca 1 berbanding 10.000). Ini berarti bahwa jarak 1 cm pada peta sama dengan 10.000 cm dipermukaan bumi. Atau 1 cm pada peta sama dengan 100 m atau 0,1 km jarak yang sebenarnya.
Misalnya, jarak antara kota A kota B di peta adalah 5 cm. Ini berarti jarak yang sebenarnya dari kota A ke kota B adalah 5 cm x 10.000 cm = 50.000 cm. Kalau dinyatakan dalam meter berarti 500 meter. Kalau cuma dalam kilometer berarti 0,5 km.

2.  Skala Garis
Skala ini ditunjukan oleh garis lurus yang dibagi dalam bagian - bagian yang sama. Panjang masing - masing ruas = 1 cm. Mari kita pelajari contoh skala garis berikut ini.


Unsur - Unsur Peta





Skala garis biasanya di atas berarti bahwa 1 cm di peta sama dengan 1 km di tempat sebenarnya. Bagaimana mengubah skala angka menjadi skala garis ? Marilah kita belajar dari contoh berikut .

Misalnya dalam sebuah peta tertulis skala angka 1 : 5.000.000. Kamu tahu ini berarti 1 cm pada peta sama dengan 5.000.000 cm pada jarak yang sebenarnya ( di muka bumi ). Atau, 1 cm pada peta sama dengan 50 km pada jarak sesungguhnya. Jika skala angka tersebut diubah ke skala garis, gambarnya seperti di bawah ini.

Unsur - Unsur Peta

g. Sumber Peta

Badan dan institusi yang membuat dan mengedarkan peta akan sangat menentukan kualitas peta. Pihak penerbit tersebut juga harus bertanggung jawab atas peta yang dibuat dan dikeluarkannya. Karena itu, sumber peta harus dicantumkan.


h. Simbol Kenampakan  Alam dan Buatan

Simbol kenampakan alam akan menjelaskan kenampakan - kenampakan semacam sungai, lembah, gunung, rawa dan lokasi alami lainnya. Simbol kenampakan buatan akan menjelaskan kenampakan - kenampakan yang ada karena dibuat oleh manusia seperti gedung, jalan, jembatan, batas dan lokasi buatan manusia lainnya.

Demikian uraian di atas tentang Unsur - unsur Peta. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Unsur - Unsur Peta "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel