Alat Pencernaan Pada Manusia Beserta Fungsinya

Alat Pencernaan pada Manusia - Alat Pencernaan yaitu organ tubuh yang bertugas dalam proses mencerna makanan. Alat pencernaan manusia terdiri dari organ yang menghancurkan makanan secara langsung yang biasa dikatakan dengan saluran perncernaan, ataupun organ yang tidak menghancurkan makanan secara langsung akan  tetapi menghasilkan enzim yang membantu proses perncernaan makanan yang disebut dengan kelenjar pencernaan.

Alat pencernaan makanan manusia meliputi mulut, kerongkongan, lambung, hati, usus, prankreas, serta anus.


Alat Pencernaan Pada Manusia 

Alat Pencernaan Pada Manusia Beserta Fungsinya

Rongga mulut adalah alat pencernaan yang pertama kali mencerna makanan. Di dalam mulut terdapat alat pencernaan yakni gigi, kelenjar, ludah serta lidah. Gigi berperan untuk memotong serta mengunyah makanan. Gigi manusia digolongkan menjadi gigi geraham, gigi taring serta gigi seri. Lidah berperan untuk membantu menelan makanan. Lidah juga berfungsi sebagai indra perasa serta pengecap. Kelenjar ludah memproduksi enzim ptialin yang memberikan rasa manis pada makanan.

Kerongkongan yaitu merupakan alat pencernaan makanan terbesar pada manusia. Hati memproduksi cairan empedu yang dikumpulkan oleh kantong empedu sebelum disalurkan ke usus. Cairan empedu berasal dari perombakan sel - sel darah merah yang telah tua serta tidak ada gunanya lagi.

Cairan empedu berfungsi untuk mengemulsikan lemak. Pankreas yaitu kelenjar pencernaan makanan yang berada di dekat lambung. Prankreas menghasilkan tripsin.

Usus yaitu pencernaan yang berkaitan dengan lambung. Usus pada manusia dibedakan menjadi usus halus dan usus besar (kolon ).

Usus halus terdiri dari :

a. Usus dua belas jari ( Duodenum )

Usus dua belas jari yaitu usus terpendek dari usus halus. Usus dua belas hari menghubungkn lambung dengan usus kosong. Usus dua belas jari memiliki saluran yang berkaitan dengan hari serta prankreas.

b. Usus kosong (  Jejenum )

Usus kosong yaitu bagian dari usus halus yang menghubungkan usus dua belas jari serta usus penyerapan.

c. Usus Penyerapan ( Illeum )

Usus penyerapan yaitu bagian akhir dari usus halus atau Ileum adalah bagian akhir dari usus haslus. Pada sektor ini terjadi proses pencernaan secara kimiawi dengan bantuan enzim pencernaan yang dihasilkan serta prankreas. Dinding usus penyerapan berupa jonjot - jonjot yang berperan dalam proses penyerapan sari - sari makanan.

Usus besar ( kolon ) yaitu alat pencernaan yang terdiri atas kolon asendens ( kanan ), Kolon transversum, Kolon desendens ( kiri ), Kolon sigmoid ( berhubungan dengan rektum ). Pada perbatasan disebut dengan usus buntu ( apendiks ). Sisa makanan yang gak diserap usus halus masuk ke dalam usus besar serta masih berbentuk cairan. Di dalam usus besar terjadi penyerapan air serta pembusukan sisa sari makanan oleh bakteri escheria coli.

Anus yaitu merupakan alat pencernaan terakhir pada manusia. Anus serta usus besar dikaitkan dengan suatu saluran yang dinamakan rektum. Anus berperan mengeluarkan sisa makanan dalam bentuk tinja atau feses.

Demikian ulasan di atas tentang Alat pencernaan pada manusia. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel