Bagian - Bagian Mata dan Fungsinya

Bagian - Bagian Mata dan Fungsinya - Mata merupakan salah satu organ yang berfungsi sebagai alat penglihatan. Mata untuk melacak cahaya serta mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Pada organisme yang lebih tinggi, mata yaitu sistem optik komplek yang mengunpulkan cahaya dari area sekitar, mengatur intensitasnya melewati diafragma, memusatkan dengan penyesuaian lensa untuk membentuk sebuah gambar, konversi visual tersebut menjadi satu himpunan sinyal listrik, serta menyalurkan sinyal - sinyal ke otak melewati jalur saraf kompleks yang menyambukan mata melewati saraf optik menuju kortek visual serta area lain dari otak. Mata dengan daya resolusinya mempunyai sepuluh bentuk yang berbeda secara fundamental, serta 96% dari spesies hewan mempunyai sistem optek yang kompleks. Mata kompleks ini dapat membantu visual, seperti halnya pada mollusca, kordata, serta antropoda. Untuk itu pada ulasan kali ini akan mengupas tentang Bagian - bagian mata dan fungisnya.


Bagian - Bagian Mata dan Fungsinya

 
Bagian - Bagian Mata dan Fungsinya


Mata adalah bagian yang sangat vital, lantaran merupakan salah satu panca indera manusia. Mata bisa berperan dengan baik jika ada cahaya. Dengan cahaya ini untuk mata akan bisa berperan dengan maksimal. Jika dalam kegelapan mata tidak dapat melihat lantaran tidak adanya cahaya yang masuk.

Mata merupakan alat optik, sehingga cara kerjanya berdasarkan pada sifat - sifat atau jenis cahaya. Berikut ini adalah keterangan mengenai bagian - bagian mata beserta fungsinya.

1. Kornea

Bagian adalah bagian paling luar mata, kornea itu sendiri mempunyai karakteristik kuat serta tembus cahaya. Kornea itu sendiri berfungsi untuk menerima serta melanjutkan cahaya yang masuk ke mata serta memberikan perlindungan pada bagan sensitif mata yang ada di bawahnya. Cahaya yang diterima kornea akan dilanjutkan ke bagian dalam mata yang selanjutnya berakhir di retina.

2. Aqueous Humor

Aqueous Humor yaitu merupakan lensa mata serta cairan retina, ini berfungsi untuk membiaskan cahaya ke bagian dalam mata.

3. Lensa Kristalin

Lensa mata ini bertugas cukup vital yakni untuk mengatur letak banyangan agar jatuh tepat di bintik kuning. Lensa mata memiliki tugas untuk memfokuskan cahaya serta melanjutkannya agar jatuhnya tepat di bagian retina.


4. Iris

Selaput ini di bagian tengahnya membentuk celah yang berbentuk lingkaran dan bertugas untuk memberikan  warna mata, serta mengatur persebaran pupil. Letaknya itu sendiri tepat pada bagian tengah bola mata dan di belakang kornea. Jenis ras atau bangsa menjadi faktor yang dapat menyebabkan perbedaan warna.

5. Pupil

Pupil adalah celah yang terbentuk akibat iris, fungsi celah tersebut sebagai tempat cahaya masuk. Pupil itu sendiri bertugas untuk mengatur banyaknya cahanya yang masuk dan nyaris sama bertugas dengan diagfragma pada kamera fotret. Pupil memiliki bentuk seperti celah bulat yang posisinya di tengah iris.

6. Otot Mata 

Otot mata bertugas untuk mengatur besar kecilnya lensa, selain itu juga bertugas sebagai penopang  lensa kristalin.

7. Vitreous Humor

Vitreous Humor mempunyai bentuk seperti halnya cairan bening serta biasanya mengisi pada rongga mata. Bertugas untuk melanjutkan cahaya dari lensa menuju retina.

8.  Retina

Lapisan yang berada di sektor belakang dinding bola mata, dimana pada tempat tersebut sebagai tempat bayangan akan dibuat. Nama lain dari bagian ini yakni selaput jala, dimana bagian ini yaitu bagian yang sensitif terhadap cahaya. Lebih - lebih lagi pada bintik kuning, retina itu sendiri bertugas untuk menangkap cahaya yang kemudian melanjutkannya hingga ke saraf mata. Selanjutnya akan diterima di ujung - ujung saraf yang ada di bagian selaput jala.

9. Bintik Kuning

Lengkungan yang ada bagian retina serta merupakan bagian yang paling peka.

10. Syaraf Optik

Syaraf ini bertugas untuk melanjutkan rangsang cahaya yang datang dari retina menuju ke otak. Perannya itu sendiri memang untuk melanjutkan rangsang cahaya agar sampai hingga ke otak. Saraf optik membawa berbagai informasi yang akan diolah di dalam otak. Yang pada akhirnya kita bisa melihat suatu objek atau benda.

Demikian ulasan di atas tentang Bagian - bagian mata dan Fungsinya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan bagi anda semua, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagian - Bagian Mata dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel