Cara Membuat Surat lamaran Kerja Yang Benar

Cara Membuat Surat lamaran Kerja - Hal pertama yang mesti anda lakukan, ketika dalam mencari pekerjaan yang anda inginkan tentunya mesti membuat surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja anda yakni merupakan poin penting yang menentukan apakah anda dapat diterima untuk dapat bekerja pada perusahaan atau tempat kerja yang anda lamar tersebut. Tentunya anda mesti dapat mempromosikan diri anda sendiri dengan benar serta tidak perlu mengada - ada secara yang berlebihan yang tentunya akan memberikan nilai tambahan bagi perusahaan yang akan merima anda sebagai karyawan.

Tentunya anda mesti dapat menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar supaya dapat memperbesar kemungkinan untuk dapat  diterima di perusahaan yang anda inginkan. Lantaran lebih banyak orang yang membutuhkan pekerjaan dibanding dengan lapangan kerja yang tersedia. Yang menjadikan agar bisa masuk ke perusahaan yang anda inginkan, akan semakin susah sebab akan banyaknya kompetitor yang  juga untuk melamar pada tempat perusahaan yang sama.



Cara Membuat Surat lamaran Kerja Yang Benar


Tips Menulis Surat lamaran kerja 

Baca persyaratan apa saja yang diperlukan dalam lowongan pekerjaan tersebut dengan baik. Hal ini penting untuk dilakukan agar isi surat lowongan pekerjaan anda buat tetap berada dalam konteksnya.
Tulislah surat lamaran kerja anda dengan memakai kata - kata yang merupakan baku serta sesuai dengan EYD.
Sebaiknya menggunakan kata - kata yang singkat, padat gampang dimengerti, jelas, sopan.
Tentukan tujuan surat dengan jelas. Anda harus pastikan bahwa : nama yang dituju sudah benar ejaan namanya, gelar, serta jabatan, begitu pula serta alamat perusahaannya.
Setelah selesai menulis surat lamaran kerja tersebut. Baca dan teliti kembali barangkali ada kesalahan dalam penulisan.
Baik itu surat lamaran kerja yang dibikin dengan tulisan tangan maupun diketik, pastikan bahwa kertas yang anda gunakan dalam keadaan bersih. Tidak kotor, bekas lipatan, bekas tulisan yang dihapus, bekas tip-ex atau bekas kotoran lainnya.
Bila anda membuat surat lamaran kerja dengan baik. Hindari pemakaian tulisan tegak sambung.

Kini anda sudah mengetahui bagaimana tips serta cara untuk membuat surat lamaran kerja agar peluang diterima semakin besar, untuk itu mari kita simak akan langkah dalam penulisan surat lamaran kerja itu sendiri.

Langkah Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Pada umumnya tata cara menulis surat lamaran kerja untuk ditujuan kemanapun isinya pasti sama saja. Baik itu dengan membuat surat lamaran via online, surat lamaran kerja untuk bekerja di Bank, ataupun cara membuat surat lamaran kerja untuk bekerja di perusahaan.
Berikut ini langkah - langkah untuk membuat surat lamaran kerja :
  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Kepada Yth. nama orang ( beserta gelar dan jabatannya ) atau nama perusahaan yang akan dituju. Alamat lengkap perusahaan.
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar atau pembukaan
  5. Pada kata pengantar atau kata pembuka dalam surat lamaran kerja, ada mesti mencantumkan dari mana anda mendapat informasi tentang lowongan kerja tersebut. Baik berasal dari surat kabar ataupun internet.
  6. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan apa yang sudah anda pilih di dalam perusahaan tersebut sedang membutuhkan banyak karyawan baru.
  7. Biodata pribadi
  8. Tulis nama lengkap anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor ponsel, alamat email, pendidikan ( tidak wajib ).
  9. Misalkan anda ingin menulis tentang latar belakang pendidikan anda, cukup tuliskan latar belakang pendidikan terakhir anda.
  10. Pengalaman kerja serta keahlian anda.
  11. Bila sebelumnya anda pernah bekerja : tuliskan apa pekerjaan anda lakukan sebelumnya. 
  12. Penutup, didalam penutup ini tulislah untuk menyakinkan pembaca anda bahwa anda memiliki keinginan yang kuat agar dapat diterima untuk bekerja diperusahaan tersebut. Serta jangan lupa mengucapkan terima kasih.
  13. Lampiran surat lamaran kerja. Untuk lebih menyakinkan perusahaan yang anda akan tuju supaya bersedia menerima anda, lampirkan juga hal - hal yang bisa memberikan nilai tambah untuk anda. Hal yang sebaiknya ditambahkan sebagai lampiran yakni :
  14. Pas foto 
  15. Fotokopi KTP
  16. Daftar Riwayat hidup
  17. Fotokopi Ijazah terakhir
  18. Fotokopi sertifikat kompetensi ( kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti )
  19. Hormat saya ( tanda tangan serta nama lengkap anda )

Nah, sekarang anda sudah mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja. Supaya ada gambaran bagaimana untuk lebih jelasnya lagi. Berikut ini akan kami tambahkan contoh - contoh surat lamaran pekerjaan.


Cara Membuat Surat lamaran Kerja Yang Benar



Cara Membuat Surat lamaran Kerja Yang Benar




Cara Membuat Surat lamaran Kerja Yang Benar

Demikian uraian di atas tentang Cara membuat surat lamaran Pekerjaan yang Benar. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi serta menambah pengetahuan untuk anda semua. terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel