Lompat Galah : Pengertian, Teknik Lompatan

Lompat Galah yaitu sebuah lomba trek serta lapangan dimana orang menggunakan sebuah galah panjang dan fleksibel ( sekarang lazimnya berbahan dasar figerglass atau serat karbon ) yang merupakan alat untuk melompat sebuah pembatas. Kompetisi lompat galah dikenal oleh bangsa yunani kuno, kritik serta keltik. Lompat galah itu sendiri dipertandingjkan di olimpiade sejak 1896 untuk putra sedangkan tahun 2000 untuk putri. Dan pada artikel kali ini trikuswa.com akan menguraikan tentang Lompat galah, dimana meliputi Pengertian, Teknik. Nah, agar dapat mengetahui uraian lebih jelasnya lagi, simak terus uraian berikut ini.


Lompat Galah : Pengertian, Teknik Lompatan


Lompat Galah : Pengertian, Teknik Lompatan


Pengertian

Lompat galah yakni salah satu cabang olahraga atletik, dimana lompat galah ini memakai sebuah galah panjang yang degan ukuran tertentu. Tekniknya yaitu para atletik ini berlari lalu pada jarak tertentu menancapkan galahnya pada sebuah lubang selanjutnya mulailah melakukan loncatannya.

Tektik  Dasar Lompat Galah

Berikut ini yaitu beberapa uraian mengenai teknik dalam lompat galah, antara lain :

1. Sikap Awalan
Sikap awalan, ketika melakukan awalan ini dibutuhkan timing untuk berlari pada posisi tubuh yang dikontrol waktu melakukan gerakan menancapkan galah serta menumpu tepat pada sasaran.

Awalan ini jaraknya mesti dibuat sepanjang mungkin, supaya di dapatkan kecepatan yang maksimal saat melakukan tumpuan. Saat berlari usahakan speednya konsisten serta kondisi yang prima hal ini bertujuan supaya atlet bisa mengontrol posisi tubunya mulai dari proses menancapkan galah serta menginjak titik tumpu dengan tepat. Galah harus dipegang dengan kuat, serta yang perlu diperhatikan cara memegang jarak yang cukup lebar, untuk mendapatkan tumpuan yang baik.

2. Gerakan Menancapkan Galah
Teknik saat kita ingin menancapkan galah yang pertama yakni menghadap ke depan atas, jangan menggeserkan galah yang telah diletakkan di tanah. Namun ketika terpaksa sepantasnya kedua tangan dapat diberi jarak yang cukup lebar serta tancapkan galah sekitar langkah ketiga ketika berlari dan tancapkan menggunakan ujung galah.

3. Posisi Galah
Galah harus tertancapkan sejajar dengan garis lurus, letakkan ujung galahnya di bawah kepala atlet pada waktu memulai tumpuan. Kecepatan sangatlah penting untuk kelentingan sebuah galah, selanjutnya posisi badan mesti langsung mengarah ke belakang diman parit pendaratan  berada. Kaki yang mungkin dipakai untuk pendaratan sebaiknya berada tegak lurus dengan garis.

4. Gerakan mengayun dan Bergelantungan
Tujuan dari gerakan ini untuk meningkatkan kelentingan serta juga sebagai penyimpanan banyak tenaga potensial di dalam galah. Tubuh pelompat mesti diposisikan secara benar mendapatkan posisi yang baik juga untuk mengangkat tubuh ke atas, ketika anda menggantung maka tenaga waktu itu tersimpan dan akan dikeluarkan dua kali lipat saat pelompat melewati mistar.

5. Tarikan dan Putaran ( pull and turn )
Gerakan menarik dimulai ketika anda mengarahkan gaya berat tubuh berada di sekitar area di dekat galah. Selanjutnya mulailah energi dilepas dengan melakukan gerakan penelusuran. Gerakan tersebut mesti diikuti oleh fase pasif relatif setelah posisi tubuh yang bergelantungan, ketika pelompat tersebut mulai melepas galah dari tubuhnya. Lakukan gerakan menarik dengan posisi lurus searah dengan sumbu galah.

6. Push - off dan Melintasi Mistar
Gerakan melentingkan tubuh atau yang kerap kali dengan istilah push-off dapat dimulai sesudah melakukan gerakan menarikan tangan ke atas, usahakan mencapai posisi yang berada berdekatan dengan pinggul. Gerakan ini yaitu gerak terusan dari gerakan menarik yang tadi telah anda lihat di atas. Permulaan dari gerakan melenting ini, usahakan galah membentuk sudut sebesar 80 - 90 derajat.

Baca juga : Lompat tinggi 

Sebelum melepaskan tangannya, si pelompat mesti melakukan gerak putar melingkar mistar dengan menjatuhkan sedikit kedua kaki, serta dengan reaksi yang ditimbulkan oleh daya dorong tubuh terhadap galah. Jika gaya dorong ke atas melebihi tarikan ke arah bawah oleh kedua kaki, niscaya pusat gaya berat si pelompat akan dapat melambung setinggi mungkin sesudah galah dilepas dari tangannya.



Lompat Galah : Pengertian, Teknik Lompatan
Gambar Lompat Galah

Alat Lompat Galah

- Galah
- Matras
- Mistar


Kesimpulan

Lompat galah merupakan salah satu  olahraga dari cabang atletik, Lompat galah itu sendiri olahraga yang nyaris sama halnya dengan lompat tinggi, namun pada olahraga ini dibantu dengan sebuah tongkat atau galah, sehingga dapat melompat dengan ketinggian yang lebih tinggi.

Nah, itulah uraian di atas tentang Lompat Galah : Pengertian, Teknik Lompatan. Semoga uraian ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan bagi para pembaca, terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lompat Galah : Pengertian, Teknik Lompatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel