Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Penjelasan Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia - Penting bagi seluruh warga negara Indonesia untuk mengetahui makna proklamasi.  Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia amatlah penting untuk bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan yang dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi titik balik kehidupan bagi bangsa Indonesia itu sendiri.

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia


Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Peristiwa yang sangat penting tersebut mengawali perjuangan Indonesia bukan lagi melawan penjajahan melainkan mempertahankan atau mengisi sebuah kemerdekaan yang sudah kita raih atau rebut dari tangan penjajah dengan susah payah, hingga akhirnya negara kita bisa merdeka dengan izin Allah SWT. 

Dan pada artikel kali ini akan mengulas mengenai makna proklamasi, untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

1. Sebagai Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia

Indonesia yang sudah berjuang mati - matian mulai dari kedatangan belanda hingga pada penjajahan jepang akhirnya pada saat proklamasi perjuangan itu mencapai puncaknya. Segala tumpah darah para pahlawan terbayarkan saat Indonesia berhasil memproklamasikan diri sebagai sebuah negara merdeka.

Akan tetapi ini tidak berarti sebagai titik akhir perjuangan bangsa Indonesia akan tetapi malah titik awal perjuangan Indonesia membangun negeri yang sudah merdeka dari penjajahan.

2. Menjadi Pernyataan De Facto

Proklamasi pada tanggal 17 Agustus menjadi pengakuan kepada dunia luar negeri bahwa Indonesia sudah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka. Sesudah pengakuan de facto akan muncul pengakuan de jure yang merupakan terusan dari efek pengakuan de facto lantaran pengakuan de jure yaitu pengakuan dari negara lain bawah Indonesia sudah merdeka.

Secara de facto Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945
Secara de jure Indonesia merdeka sejak 18 November 1946 saat Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia.

3. Menaikan Martabat Bangsa

Indonesia yang dulunya cuma salah satu negara yang terjajah saat adanya proklamasi bangsa terjajah itu mengaku sudah merdeka serta mengangkat harkat martabat bangsa sebagai bangsa yang merdeka,  serta bebas dari penjajahan oleh kolonial serta jepang.

4. Dapat Memulai Perjuangan Sebagai Negara Baru

Sejak proklamasi lahirlah bangsa Indonesia serta mulai saat itu pemerintahan dimulai untuk membangun negara yang baru ini menjadi negara yang lebih baik lagi. Indonesia memiliki pemerintahan sendiri dari rakyat oleh rakyatnya sendiri bukan lagi dijadikan bangsa yang terjajah oleh pemerintahan bangsa asing ( luar ).

5. Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Proklamasi merupakan pintu awal kemerdekaan Indonesia. Makna proklamasi menjadikan lahirnya sebuah bangsa baru bernama Indonesia yang menentukan nasibnya sendiri serta tidak mau lagi dijajah oleh negara asing. 

Demikian ulasan di atas tentang Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang bermanfaat serta menambah pengetahuan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel