Masa Demokrasi Terpimpin : Sejarah, Latar Belakang, dan Pelaksanaan

Demokrasi Terpimpin - Sejarah Indonesia " 1959 - 1966 " yakni masa dimana sistem " Demokrasi Terpimpin " pernah berjalan di Indonesia. Demokrasi terpimpin yaitu sebuah sistem demokrasi dimana seluruh keputusan serta pemikiran berpusat pada pemimpin negara, waktu itu presiden Soekarno.

Konsep sistem Demokrasi Terpimpin pertama kali diumumkan oleh Presiden Soekarno pada pembukaan sidang konstituante pada tanggal 10 November 1956.



Masa Demokrasi Terpimpin : Sejarah, Latar Belakang, dan Pelaksanaan


Latar Belakang

Latar belakang dicetuskannya sistem demokrasi terpimpin oleh Presiden Soekarno.
  • Dari sisi keamanan nasional, banyaknya gerakan separatis pada masa demokrasi liberal, menimbulkan ketidakstabilan negara.
  • Dari sisi perekonomian, kerap terjadinya pergantian kabinet pada masa demokrasi liberal menimbulkan program - program yang dirancang oleh kabinet tidak bisa dijalankan secara utuh, sehingga pembangunan ekonomi tersendat.
  • Dari sisi politik, Konstituante gagal dalam menyusun UUD baru untuk menggantikan UUDS 1950.
Masa Demokrasi Terpimpin yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno diawali oleh anjuran Soekarno supaya undang - undang yang digunakan untuk menggantikan UUDS 1950 yaitu UUD 1945. Akan tetapi usulan itu menyebabkan pro dan kontra di kalangan anggota kontituante.

Merupakan tindak lanjut, usulannya, diadakan pemungutan suara yang dihadiri oleh seluruh anggota konstituante. Pemungutan suara ini dilakukan dalam rangka menanggulangi konflik yang timbul dari kontra akan usulan Presiden Soekarno tersebut.

Pelaksanaan Demokrasi Termpimpin

Demokrasi Terpimpin berlaku di Indonesia antara tahun 1959 - 1966 yaitu dari dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 sampai lengsernya kekuasaan Soekarno. Terpimpin pada waktu pemerintahan Soekarno yaitu kepemimpinan pada satu tangan saja yakni Presiden.

Tugas Demokrasi Terpimpin

Demokrasi Terpimpin mesti mengembalikan situasi politik negara yang tidak stabil merupakan warisan dari masa Demokrasi Parlementer/Liberal menjadi lebih mantap/stabil. Demokrasi Terpimpin yakni reaksi terhadap Demokrasi Parlementer/Liberal. Hal ini ditimbulkan lantaran : pada masa Demokrasi parlementer, kekuasaan presiden cuma sebatas sebagai kepala negara. Sedangkan kekuasaan pemerintah dilakukan oleh partai.

Dampaknya : Penataan kehidupan politik menyimpang dari tujuan awal yakni demokrasi ( menciptakan stabilitas politik yang demokratis ) menjadi setralisasi ( pemusatan kekuasaan di tangan presiden ).

Pelaksanaan Masa Demokrasi Terpimpin

  • Kebebasan partai dibatasi
  • Presiden cenderung berkuasa mutlak sebagai kepala negara sekaligus kepala sebagai pemerintahan
  • Pemerintah berusaha menata kehidupan politik sesuai dengan UUD 1945
  • Dibentuk lembaga - lembaga negara antara lain MPRS, DPAS, DPRS serta Front Nasional.

Demikian uraian di atas tentang " Masa Demokrasi Terpimpin : Sejarah, Latar Belakang, dan Pelaksanaan. Semoga uraian ini dapat menambah pengetahuan bagi anda semua. terima kasih atas kunjungan ke trikuswa.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel