Moral dan Etika : Pengertian, Jenis, serta Perbedaan

Moral dan Etika - Untuk artikel kali ini trikuswa.com akan menguraikan tentang Moral dan Etika, dimana dalam hal ini meliputi pengertian, jenis serta perbedaan. Nah, untuk dapat memahami secara lebih jelas lagi simak terus uraian berikut ini.


Moral dan Etika : Pengertian, Jenis, serta Perbedaan


Pengertian Moral

Moral yaitu pengetahuan atau wawasan yang berkaitan budi pekerti manusia beradab. Moral juga dapat diartikan ajaran yang baik, buruknya tingkah laku. Moralisasi yaitu ' pandangan serta ajaran ' mengenai perbuatan serta kelakuan yang baik. Demoralisasi ialah kerusakan moral.

Pengertian Etika

Etika yaitu ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan upaya menentukan perbuatan - perbuatan yang dilakukan oleh manusia untuk dikatakan baik atau buruk, dengan kata lain aturan ataupun pola - pola dari perbuatan yang dihasilkan oleh akal manusia. Dengan adanya etika pergaulan dalam masyarakat atau bermasyarakat tentunya dapat terlihat baik serta buruknya.

Etika itu bersifat relatif yakni dapat berubah - ubah sesuai dengan kemajuan zaman. Etika juga dapat diartikan sebagai ilmu ilmu yang mempelajari kebaikan serta keburukan dalam hidup manusia utama perbuatan manusia yang dipicu oleh keinginan serta didasari pikiran yang jernih dengan pertimbangan perasaan.

Macam atau Jenis - Jenis dari Etika

Lantaran merupakan suatu ilmu tentunya Etika terdiri atas berbagai macam jenis serta juga ragamnya diantaranya yaitu.

Etika Desktriptif

Memberikan bayangan serta ilustrasi mengenai perilaku manusia ditinjau dari nilai - nilai baik serta juga buruk serta hal - hal yang mana yang bisa dilakukan sesuai dengan norma etis yang dianut oleh masyarakat.

Etika Normative

Membahas dan mempelajari ukuran baik buruknya perbuatan manusia yang pada umumnya dikelompokan menjadi sebagai berikut :

Etika Umum
Mengulas berbagai macam berkaitan dengan situasi manusia untuk bertindak etis dalam mengambil berbagai macam kebijakan menurut teori - teori serta juga prinsip - prinsip moral.

Etika Khusus
  1. Etika sosial yaitu yang menegaskan tanggung jawab sosial serta hubungan antar sesama manusia dalam aktivitas yang dilakukannya.
  2. Etika individu yaitu lebih menegaskan kepada kewajiban manusia sebagai pribadi.
  3. Etika terapan yaitu etika - etika yang diterapkan pada sebuah profesi.

Perbedaan Moral Dan Etika

Dengan demikian moral dan etika mempunyai perbedaan, tolak ukur yang digunakan dengan moral untuk mengukur prilaku manusia yakni adat istiadat, kebiasaan dan lain sebagainya. Yang berlaku di masyarakat. Etika dan moral sama artinya namun pemakaiannya dalam sehari - hari terdapat sedikit perbedaan. Moral digunakan untuk perbuatan yang sedang dinilai. Sedangkan etika dipakai untuk sistem nilai yang ada.

Demikian uraian di atas tentang Moral dan Etika : Pengertian, Jenis, serta Perbedaan. Semoga uraian ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan untuk anda semua, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel