Paragraf Klasifikasi : Pengertian, Ciri - Ciri, Beserta Contohnya

Paragraf Klasifikasi - Sebuah paragraf pada dasarnya terdiri dari pikiran atau gagasan, atau ide utama yang dibantu dengan kalimat penunjang. Setiap paragraf pada dasarnya terdiri dari tiga sampai tujuh kalimat semuanya tergabung dalam pernyataan dalam paragraf tunggal, jenis paragraf itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya pada artikel sebelumnya Paragraf Deskripsi serta Paragraf Persuasi Singkat, dan pada artikel kali ini trikuswa.com akan mengupas tentang Paragraf Klasifikasi, dalam hal ini mencakup tentang Pengertian, Ciri beserta contohnya.

Dan untuk lebih jelasnya lagi tentang paragraf klasifikasi tersebut, untuk itu simak terus uraian dibawah ini.



 Paragraf Klasifikasi : Pengertian, Ciri - Ciri Beserta Contohnya



Pengertian Paragraf Klasifikasi

Paragraf Klasifikasi yaitu sebuah paragraf yang topik utamanya dikembangkan dengan mengelompokannya ke dalam beberapa kelompok yang berdasarkan sifat atau ciri - ciri tertentu.

Paragraf klasifikasi yakni salah satu pengembangan paragraf eksposisi sehingga paragraf ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi yang begitu jelas kepada para pembacanya.

Ciri - Ciri Paragraf Klasifikasi

Adapun ciri - ciri paragraf klasifikasi yang diantaranya adalah :
  • Paragraf ini memakai ungkapan - ungkapan ' digolongkan ',  ' dibagi ' , ' diklasifikasikan ' serta masih banyak lagi.
  • Mempunyai gaya penulisan yang bersifat informatif
  • Paragraf ini membagi/ mengelompokkan suatu hal ke dalam dua atau lebih kelompok dengan menurut acuan tertentu.

Contoh 

Tanpa kita sadari ada tiga jenis teman yang ada di sekitar kita, kelompok yang pertama yaitu teman diwaktu senang. Teman - teman yang ada di waktu senang ini yakni merupakan teman yang paling gampang untuk kita temukan. Mereka begitu banyak jumlahnya di luaran sana. Sebagian besar teman - teman ini akan senantiasa berada di sekitar kita bila kita dalam keadaan senang serta gembira, namun saat kita sedang tertimpa musibah, mereka pada umumnya lenyap entah kemana.

Kelompok teman yang berikutnya yaitu teman dekat, teman dekat atau lebih dikatakan dengan sahabat adalah teman yang benar - benar dekat dengan kita. Mereka senantiasa menghabiskan waktu bersama kita menjadikan kita tahu segala sesuatu tentang mereka. Teman dekat akan senantiasa berada di samping kita dalam kondisi apapun, baik itu senang atau gembira. Akan tetapi mencari teman dekatlah sangat lah susah, butuh adanya suatu proses untuk mejumpainya. Oleh sebab itu, mempunyai satu teman dekat saja sudah cukup menggembirakan.

Kelompok teman yang terakhir yakni teman biasa, kelompok teman ini adalah teman - teman yang cuma sebatas kenal dengan kita. Mereka tahu siapa kita serta kita tahu siapa mereka, namun kita tidak begitu dekat dengannya. Teman biasa ini diumpamakan seperti halnya mata pisau, di satu sisi mereka dapat dijadikan saingan, namun di sisi lain mereka bisa menjadi tolak ukur atau bisa dijadikan motivator untuk kita. Teman biasa inilah yang nantinya akan menjadi teman dekat di waktu senang. 

Demikian uraian di atas tentang Paragraf Klasifikasi : Pengertian, Ciri - Ciri Beserta Contohnya. Semoga uraian ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk anda semua, terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Paragraf Klasifikasi : Pengertian, Ciri - Ciri, Beserta Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel