Pembelahan Sel : Pengertian, Fungsi, Jenis serta Tujuannya

Pembelahan Sel - Mungkin anda sering mendengar istilah pembelahan sel, namun tahukah dari istilah tersebut ? bila anda belum mengetahuinya anda gak perlu khawatir karena pada uraian kali ini trikuswa.com akan mengulas tentang pembelahan sel, dimana meliputi tentang pengertian, fungsi, jenis beserta tujuannya. Oleh sebab itu simak terus uraian di bawah ini.


Pembelahan Sel : Pengertian, Fungsi, Jenis serta Tujuannya


Pengertian Pembelahan Sel

Pembelahan sel yaitu peristiwa dimana sel membelah menjadi dua atau lebih sel baru. Pembelahan sel sebagai cara sel untuk memperbanyak diri atau dinamakan dengan bahasa ilmiahnya proses reproduksi sel. Sel yaitu bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Pertumbuhan serta perkembangan makhluk hidup berhubungan erat dengan proses pembelahan sel ini. Akan tetapi fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup multiseluler serta uni seluler sangat berbeda mesti intinya sama yakni memperbanyak sel.

Fungsi Pembelahan Sel

Fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup mempunyai 2 fungsi yakni :
  • Fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup uniseluler atau bersel tunggal yaitu sebagai cara untuk berkembang biak. Contohnya : makhluk hidup yang berkembang biak dengan membelah diri : Protozoa, Amoeba, dan masih banyak lagi.
  • Fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup multiseluler atau makhluk hidup bersel banyak yaitu sebagai cara untuk memperbanyak sel tubuh sehingga makhluk hidup yang bersangkutan bisa tumbuh serta berkembang.

Proses pembelahan sel merupakan cara agar sel bisa tumbuh serta berkembang. Sel yang membelah diri dinamakan sel induk, sedangkan sel hasil pembelahan diri dinamakan sel anak. Pada dasarnya proses pembelahan sel terbagi menjadi  2 , yaitu : pembelahan sel secara langsung serta pembelahan sel secara tidak langsung.


Jenis - Jenis Pembelahan Sel

Pada dasarnya pembelahan sel terdiri dari 3 macam, diantaranya :

1. Pembelahan Amitosis

Pembelahan amitosis yakni reproduksi sel dimana sel membelah diri secara langsung  atau spontan melalui tingkatan pembelahan sel. Pembelahan cara ini banyak ditemukan pada sel - sel yang bersifat prokariotik, contohnya pada bakteri, ganggang biru atau organisme bersel tunggal seperti Amoeba.

2. Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis yaitu cara reproduksi sel dimana sel membelah diri melalui tahap - tahap yang teratur. Pembelahan sel mitosis terjadi pada organisme multiseluler seperti pada sel hewan, sel tumbuhan serta sel manusia. Tahap - tahap pembelahan sel atau yang dinamakan fase meliputi :
  • Fase Profase
  • Fase Metafase
  • Fase Anafase
  • Fase Telofase
Antara tahap telofase ke tahap profase selanjutnya terdapat masa istirahat sel yang disebut interfase. Pada tahap interfase inti sel melakukan sintesis bahan - bahan inti.

3. Pembelahan Meiosis

Pembelahan Meiosis dikatakan juga pembelahan Reproduksi. Pembelahan Meiosis terjadi dalam kelenjar kelamin. Pada pembelahan Meiosis reproduksi sel terjadi melalui tahap - tahap pembelahan sel seperti pada pembelahan mitosis, cuma saja dalam prosesnya terjadi pengurangan (reduksi) jumlah kromosom menjadi setengahnya. Pada Pembelahan Meiosis terdapat dua tahap besar yang dinamakan dengan istilah Meiosis I serta Meiosis II. Kemudian dari tiap - tiap kedua tahap besar tersebut terbagi menjadi tahap - tahap seperti pada pembelahan mitosis.

Tujuan Pembelahan Sel

Sel merupakan struktur terkecil dari makhluk hidup, oleh sebab itu sel sangat menentukan fungsi serta bentuk dari organ atau jaringan yang disusunya. Kumpulan dari banyak sel dengan struktur serta fungsi yang sama dikatakan jaringan serta kumpulan jaringan dengan tujuan fungsi tertentu dinamakan organ. Untuk dapat mencapai jumlah banyak, sel melakukan pembelahan. Pembelahan sel memiliki tujuan diantarnya :
  • Regenerasi sel - sel yang rusak/ mati
  • Pertumbuhan serta perkembangan
  • Berkembang biak (reproduksi)
  • Variasi individu baru

Demikian uraian tentang Pembelahan Sel : Pengertian, Fungsi, Jenis serta Tujuannya. Semoga uraian di atas dapat memberikan informasi serta menambah pengetahuan bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel