Pranata Sosial : Pengertian, Fungsi, Ciri, Beserta Jenisnya

Pranata Sosial - Sebagai makhluk sosial kita hidup di lingkungan masyarakat yang serba aturan yang telah ditentukan. Segala tindak tanduk atau perilaku kita selalu akan diatur menurut cara - cara tertentu yang telah disepakati bersama. Dan kesempatan kali ini kami akan menguraikan mengenai pranata sosial, yuk untuk lebih jelasnya lagi simak uraian berikut ini.


Pranata Sosial



Pengertian Pranata Sosial

Pranata sosial dapat diartikan yakni sebagai sistem tata kelakuan serta hubungan yang berpusat kepada kegiatan - kegiatan untuk memenuhi kompleks - kompleks khusus dalam kehidupan masyarakat. Pranata sosial yaitu suatu kehidupan sosial. Di dalam pranata sosial terdapat suatu tatanan aturan yang berpedoman pada adat istiadat ( kebudayaan ).

Bentuk dari pranata sosial yakni lembaga ( institute ). Meskipun demikian, pranata sosial serta lembaga memiliki makna yang berbeda. Pranata sosial yaitu sistem norma atau aturan - aturan yang berkaitan tentang suatu aktivitas masyarakat yang khusus, sedangkan lembaga tau institute yakni badan atau organisasi yang melakukan aktivitas tersebut.

Fungsi Pranata Sosial

Di dalam masyarakat membutuhkan pranata sosial, sebab pranata sosial memiliki fungsi atau peran sebagai berikut :
  • Berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakat
  • Berfungsi untuk memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan suatu sistem pengendalian sosial ( sosial control ).  Artinya sistem pengawasan masyarakat terhadap perilaku masing - masing anggotanya.
  • Berfungsi untuk memberikan pedoman kepada anggota masyaarakat, bagaimana meraka mesti berprilaku atau bersikap dalam menghadapi suatu persoalan atau masalah yang  timbul dalam masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan - kebutuhan.

Ciri - Ciri Pranata Sosial

Ciri - ciri pranata sosial antara lain :
  • Memiliki suatu tingkat kekekalan tertentu
  • Memiliki satu atau beberapa tujuan
  • Memiliki suatu kebiasaan atau tradisi tertulis atau tidak tertulis
  • Memiliki sebuah lambang - lambang sebagai ciri khasnya
  • Memiliki alat - alat perlengkapan yang dipakai untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan
  • Merupakan sebuah sistem pola - pola pemikiran serta pola perilaku yang berwujud melalui aktivitas kemasyarakatan.

Jenis - Jenis Pranata Sosial

Dalam kehidupan masyarakat, terdapat lima jenis pranata sosial, yakni sebagai berikut :
  • Pranata Keluarga, yakni suatu sistem nilai atau aturan - aturan yang mengatur kegiatan anggota keluarga di lingkungannya. Pranata keluarga yaitu suatu bagian dari pranata sosial yang wilayah berlakunya mencakup sebuah lingkungan keluarga serta kerabat.
  • Pranata Agama, yakni sebuah pranata yang mempunyai andil penting dalam menuntun serta mengatur jalan hidup manusia. Agama adalah suatu kepercayaan / keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sistem budaya, serta pandangan dunia yang mengaitkan manusia dengan tatanan dari kehidupan dengan berbagai ajaran, larangan, anjuran serta kewajiban yang mengikat bagi umatnya.
  • Pranata Pendidikan, Kata pendidikan berasal dari bahasa Latin, Educare yang memiliki arti kecerdaran pengetahuan dari tidak tahu menjadi tahu. Pendidikan yaitu suatu proses yang terjadi karena proses interaksi berbagai faktor yang menghasilkan penyadaran diri serta penyadaran lingkungan menjadikan menampilkan rasa percaya diri akan lingkungan.
  • Pranata Ekonomi, yakni suatu sistem norma atau kaidah yang mengatur perilaku individu dalam masyarakat guna mencukupi kebutuhan barang serta jasa.
  • Pranata Politik, yakni suatu peraturan - peraturan untuk menjaga tata tertib, untuk mendamaikan pertengkaran - pertengkaran, serta untuk memilih pemimpin yang berwibawa. Pranata politik merupakan perangkat norma serta status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan serta wewenang. Dengan demikian pranata politik akan mencakup eksekutif, legislatif, yudikatif, militer serta partai politik.
 Demikian ulasan tentang Pranata Sosial : Pengertian, Fungsi, Ciri, Beserta Jenisnya. Semoga tulisan di atas dapat menyajikan informasi serta menambah pengetahuan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel