Reaksi Kimia : Pengertian, Ciri, Macam - Macam, Beserta Contohnya

Reaksi Kimia - Seperti halnya fisika, suatu zat juga dapat mengalami reaksi kimia menjadikan zat tersebut dapat berubah. Pada artikel kali ini trikuswa.com akan mengulas tentang pengertian reaksi kimia, ciri ciri, macam - macam beserta contohnya. Untuk itu mari kita simak uraian berikut ini.



Reaksi Kimia : Pengertian, Ciri, Macam - Macam, Beserta Contohnya

 

Pengertian Reaksi Kimia

Reaksi kimia yaitu suatu peristiwa perubahan kimia dari zat - zat yang bereaksi ( reaktan ) menjadi zat - zat hasil reaksi kimia ( produk ). Pada reaksi kimia ini senantiasa dihasilkan zat - zat yang baru dengan sifat yang baru pula.

Ciri - Ciri Reaksi Kimia

Suatu perubahan kimia atau reaksi kimia dapat diketahui lewat gejala - gejala yang menyertainya. Gejala - gejala atau ciri - ciri reaksi kimia yakni berikut ini :

1. Terjadinya Perubahan Warna

Hal ini dapat kami perhatikan pada reaksi antara larutan amilum serta iridium. Hasil reaksi ini berupa larutan berwarna biru.

2.Terjadinya Gas

Pernah anda berkunjung ke suatu bengkel las karbit ? Bau menyengat yang kamu rasakan di dekat bengkel las karbit yaitu gas etuna. Gas ini berasal dari reaksi antara karbit dengan air ketika dipakai untuk mengelas.

3. Terjadi Endapan

Endapan hasil reaksi dapat kamu jumpai pada alat - alat memasak. Selain itu juga bisa anda jumpai pada suatu proses penjernihan air yang menggunakan tawas.

4. Terjadinya Perubahan Suhu

Adanya suatu perubahan suhu dapat kamu teliti waktu batu gamping dicampur air. Lain dari itu kamu juga dapat dijumpai suatu perubahan suhu itu pada reaksi karbit dengan air.

 

Macam - Macam Reaksi Kimia

Untuk memudahkan dalam melakukan suatu aktivitas reaksi kimia, maka dari itu dikelompokan reaksi kimia tersebut berdasarkan pada kesamaan yang punyainya. Salah satu sistem klasifikasi ini didasarkan pada cara atom tersusun kembali dalam reaksi kimia, diantaranya :

1. Reaksi Penggabungan 

Yakni dalam reaksi penggabungannya dua atau lebih zar tergabung membentuk zat yang lain.
Contohnya : Pada reaksi antara hidrogen dengan oksigen yang membentuk air.

2. Reaksi Penguraian

Reaksi penguraian yaitu suatu reaksi kebalikan dari reaksi penggabungan. Dalam reaksi tersebut yakni suatu zat terurai atau terurai menjadi dua atau lebih zat yang lebih sederhana. Pada umumnya reaksi ini memerlukan sebuah energi berupa kalor, cahaya, serta listrik. Rumus umum reaksi penguraian itu yakni sebagai berikut :
Contohnya : Pada reaksi penguraian air oleh listrik menghasilkan hidrogen serta oksigen.

3. Reaksi Penggantian

Reaksi penggantian yakni reaksi penggantian tunggal terjadi, jika satu unsur menggantikan sebuah unsur yang lain dalam satu senyawa. Untuk menyelesaikan persamaan reaksi penggantian terdapat dua persamaan, yakni sebagai berikut :
Contohnya : Sebuah kawat tembaga dituangkan ke dalam sebuah larutan perak nitrat. Tembaga lebih aktif dibanding perak, maka dari itu tembaga yang menggantikan perak membentuk larutan tembaga (II ) nitrat berwarna biru.

Demikian uraian tentang Reaksi Kimia : Pengertian, Ciri, Macam- Macam, Beserta Contohnya. Semoga tulisan di atas memberikan manfaat untuk para pembaca, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel