Sistem Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah manusia yakni sistem yang begitu kompleks. Sistem peredaran darah manusia itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni peredaran darah tertutup serta peredaran darah ganda. Peredaran darah tertutup yang artinya peredaran darah tersebut akan senantiasa mengalir pada pembuluh darah. Selanjutnya untuk peredaran darah ganda yaitu peredaran darah yang mengalir dengan cara ganda, yakni peredaran darah besar yang berawal dari jantung mengalir ke pembuluh vena cava diteruskan ke seluruh tubuh serta akan kembali lagi ke jantung. sedangkan untuk peredaran darah kecil yang bermula dari jantung kemudian ke arteri pulmonalis hingga ke paru - paru kemudian ke pembuluh balik vena pulmonalis serta akan kembali lagi ke jantung.

Sistem Peredaran Darah Manusia 



Sistem Peredaran Darah Manusia

1. Peredaran Darah Besar

Orang lebih mengetahui peredaran darah besar dengan nama lain peredaran darah yang sistematik. Peredaran darah ini dinamakan peredaran darah besar disebabkan jangkauannya yang menyeluruh pada tubuh manusia. Jadi darah yang telah mengandung oksigen akan menuju bilik kiri. Ketika proses ini katup aorta akan mengalami kontraksi menjadikan memaksa untuk terbuka. Sesudah katup aorta terbuka, darah yang mengandung oksigen tadi akan mengalir ke semua bagian tubuh melalui pembuluh darah yang ada di seluruh tubuh manusia. Menjadikan darah ini akan dapat tersalurkan ke semua tubuh sampai menuju ke pembuluh kapiler, pada pembuluh ini akan terjadi proses pertukaran yakni antara yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbondioksida. Sesudah proses pertukaran, darah yang mengandung karbondioksida tadi akan menuju ke pembuluh vena cava akan dislaurkan ke bilih karan dengan melalui serambi kanan. Sesudah itu akan diteruskan ke pembuluh pulmonalis serta akan dibuang melalui paru - paru.

2. Peredaran Darah Kecil

Paru - paru yang mengandung oksigen akan mengalir ke vena pulmonalis diteruskan ke jantung, serta darah yang mengandunng karbondioksida akan mengalir di arteri pulmonalis untuk menuju paru - paru kembali. Untuk itu peredaran darah kecil cuma melewati pulmonalis.


3. Peredaran darah Tertutup

Peredaran darah tertutup yakni peredaran darah yang cuma mengalir di bagian pembuluh darah, darah yang mengalir mengandung oksigen akan mengalir pada arteri serta darah yang mengalir mengandung karbondioksida akan mengalir di vena.

4. Peredaran Darah Terbuka

Peredaran darah terbuka pada dasarnya terdapat pada hewan - hewan tertentu, jadi darah yang mengalir di seluruh tubuh bukan cuma di bagian pembuluh darah. contohnya : laba- laba, kecoa dan masih banyak lagi.

5. Peredaran Darah Ganda

Peredaran darah ganda artinya darah akan melewati jantung dengan dua kali putaran. Darah pada putaran pertama yakni darah yang mengandung oksigen akan dialirkan ke jantung untuk dipompa ke seluruh tubuh, serta darah pada putaran kedua yakni darah yang mengandung karbondioksida akan melalui jantung juga untuk dialirkan ke paru - paru.

Demikian ulasan di atas tentang Sistem Peredaran darah manusia. Semoga tulisan ini dapat menyuguhkan informasi yang berguna dan bisa menambahkan pengetahun bagi anda semua, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistem Peredaran Darah Manusia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel