Skala Peta : Pengertian, Jenis, Rumus Beserta Contohnya

Skala Peta - Untuk pembahasan kali ini trikuswa.com akan menbahas tentang skala peta, di mana dalam hal ini mencakup pengertian, jenis, rumus, serta contoh, supaya lebih jelas dan bisa dipahami. Untuk itu, yuk kita simak uraian berikut ini.

Apa yang dimaksud pengertian dari skala peta ? pada proses pembuatan skala peta 'maps scale ' yaitu salah satu unsur yang terdapat dalam suatu peta serta terdapat rumus khusus untuk menghitung besar skala dari peta tersebut. Seperti pada umumnya yang dipahami, suatu peta menggambarkan suatu daerah di permukaan bumi yang diperkecil dengan skala.


 Skala Peta : Pengertian, Jenis, Rumus Beserta Contohnya


Pengecilan suatu daerah tersebut menjadi suatu penyajian pada bidang datar, berbentuk peta membutuhkan penjelasan mengenai hubungan matematik antara ukuran - ukuran geometrik khusunya jarak yang ada di permukaan bumi serta di peta.

Pengertian Skala Peta

Skala peta bisa dikatakan merupakan perbandingan ' rasio ' antara jarak dua titik pada peta serta jarak sebenarnya kedua titik tersebut di permukaan bumi atau di lapangan serta pada satuan yang sama.

Skala peta yaitu informasi yang mutlak mesti dicantumkan supaya pemakai dapat mengukur jarak yang sebenarnya pada peta. Misalkan peta skala 1 : 250.000 artinya jarak 1 cm pada peta sama dengan jarak 250.000 cm jarak yang sesungguhnya  (jarak horizaontal ). Skala pada peta bisa ditulis dengan dua cara yakni dengan cara menulis skala angka ataupun skala garis.

Jenis Peta

Adapun jenis peta berdasarkan skala adalah :

  • Peta kadaster yaitu peta yang berskala besar dengan skala 1 : 100 - 1 : 5000
  • Peta skala besar yaitu yang berskala 1 : 5000 - 1 : 250.000
  • Peta skala menengah yaitu peta yang berskala 1 : 2500.000 - 1 : 500.000
  • Peta skala kecil yaitu peta yang berskala 1 : 500.000 - 1 : 100.000
  • Peta geografi yaitu peta yang berskala > 1 : 1.000.000

Rumus Skala Peta

Rumus skala peta digunakan untuk menentukan atau menghitung besar skala dari suatu peta. Rumus ini begitu sederhana, cuma memuat perhitungan biasa, dan pasti anda semua dapat menggunakan rumus skala pera ini dengan baik. Berikut rumus mencari besar skala dari suatu peta.

Rumus mencari skala peta

Skala = Jarak pada peta : Jarak sesungguhnya

Nah, untuk lebih jelas lagi coba kita terapkan rumus skala tersebut melalui contoh soal berikut ini :
Jarak kota A ke kota B dalam peta yaitu 20 cm. Sedangkan jarak sesungguhnya waktu diukur dilapangan yaitu 200.000 cm. Berapakah besar skala peta tersebut ?

Jawaban :
20 cm : 200.000 cm = 1 : 2000
Jadi besar skala peta tersebut yaitu 1 : 2000


Demikian uraian di atas tentang Skala Peta : Pengertian, Jenis, Rumus beserta Contohnya. Semoga uraian ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan bagi anda semua, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Skala Peta : Pengertian, Jenis, Rumus Beserta Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel