Supersemar : Sejarah Yang Penuh Misteri

Supersemar - Supersemar yakni surat perintah 11 maret yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno. Surat perintah ini memerintahkan soeharto, menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Keamanan serta ketertiban ( Pangkopkamtib) untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi kondisi keamanan yang sangat buruk pada waktu itu.

Supersemar ini yaitu versi yang dikeluarkan dari Markas Besar TNI Angkatan Darat (AD) yang juga tercatat dalam buku - buku sejarah. Sebagian besar sejarawan Indonesia menyebutkan bahwa adanya berbagai versi Supersemar sehingga masih ditelaah akan naskah supersemar yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno di Instana Bogor.


Supersemar : Sejarah Yang Penuh Misteri


Mulanya keluarnya supersemar yakni pada tanggal 11 Maret 1966, Soekarno menyelenggarakan  sidang pelantikan Kabinet Dwikora yang disempurnakan yang diketahui dengan istilah " Kabinet 100 menteri ". Pada waktu sidang dimulai, Brigadir Jendral Sabur merupakan panglima pasukan pengawal presiden' Tjakrabirawa memberitahukan bahwa banyak " pasukan liar" atau pasukan tidak dikenal " , yang belakangan diketahui yaitu Pasukan Kostrad dibawah kepemimpinan Mayor Jenderal Kemal Idris. Pada saat itu bertugas menahan orang - orang yang berada di Kabinet yang diyakini terlibat G-30 -S diantaranya yaitu Soebandrio Wakil Perdana Menteri 1.

Kondisi tersebut dilaporkan kepada Mayor Jenderal Soeharto yang pada waktu itu menjabat Panglima Angkatan Darat menggantikan Letnan Jendral Ahmad Yani yang gugur akibat peristiwa kegananasan G-30-S/PKI itu. Mayor Jenderal (Mayjen) Soeharto waktu itu tidak menghadiri sidang kabinet lantaran sedang keadaan sakit. Sebagian kalangan menilai ketidakhadiran soeharto dalam sidang tersebut disinyalir sebagai sekenario Soeharto untuk menunggu situasi. Lantaran dianggap sebagai sebuah kejanggalan.

Mayor Jenderal Soeharto mengutus tiga orang perwira tinggi (AD) ke Bogor untuk bertemu Presiden Soekarno di Istana Bogor yaitu Brigadir Jenderal M. Jusuf, Brigadir Jenderal Amir Machmud serta Brigadir Jenderal Basuki Rahmat yang merupakan tokoh supersemar. Sesampainya di Istana Bogor, pada malam hari terjadi pembicaraan antara ketiga perwira tinggi tersebut menyatakan akan kesediaan Soeharto untuk mengendalikan kondisi serta memulihkan keamanan, jika diberikan surat tugas atau surat kuasa yang menyerahkan mandat atau kewenangan kepadanya untuk melakukan tindakan. Menurut Jenderal (purn) M.Jusuf , pembicaraan dengan Presiden Soekarno sampai jam 20.30 WIB.

Presiden Soekarno setuju serta membuat surat perintah yang dikenal dengan istilah Surat Perintah Sebelas Maret yang terkenal dengan sebutan Supersemar, yang ditujukan kepada Mayjen Soeharto sebagai panglima Angkatan Darat, inti isi supersemar itu sendiri untuk melakukan tindakan yang perlu untuk mengembalikan keamanan serta ketertiban.

Sebelum lengsernya pemerintahan Soeharto Peristiwa Supersemar diyakini sebagai sejarah yang benar serta tidak menimbulkan kontroversi yang besar pada waktu itu. Akan tetapi ketika Presiden Soeharto lengser, maka banyak kalangan tertentu yang mencoba mengungkap serta mencari tahu terkait kebenaran dari banyak cerita sejarah yang memungkinkan fakta serta kebenaran dari Sejarah tersebut di " Skenario " oleh Presiden Soeharto pada waktu itu.

Terkait dengan fakta sejarah serta kebenaran peristiwa Supersemar yang mungkin akan begitu susah untuk mengungkapkan kebenarannya disebabkan tokoh sentral dari peristiwa itu sendiri Soeharto sudah meninggal, serta mungkin juga dengan orang - orang atau saksi yang melihat serta tahu betul bagaimana terjadi kasus ini juga mengkin sudah meninggal juga. Sehingga bila dikembangkan akan mengalami kendala yang cukup sulit.

Fakta yang sesungguhnya menjadi pelajaran buat Bangsa ini agar tidak melakukan kesalahan - kesalahan yang sama atau bahkan mungkin bisa lebih buruk dari sebelumnya. Untuk mencegah hal itu terjadi lagi maka diperlukan peran serta dari semua kalangan serta semua pihak untuk senantiasa serta selalu melihat dan merekam setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita.

Nah, itulah uraian tentang Supersemar : Sejarah yang menjadi Misteri. Semoga uraian di atas dapat memberi informasi serta menambah pengetahuan. terima kasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel