Surat Pribadi : Pengertian, Ciri, Bagian - Bagian Beserta Contohnya

Surat Pribadi - Pernahkah anda menulis surat pribadi ? Surat pribadi pada umumnya surat mengenai menanyakan kabar orang terdekat atau tersayang, serta dapat juga mengunkapkan perasaan kepada seseorang yang kita sayangi. Bila belum pernah menulis surat pribadi ?  beserta belum mengetahui tentang pengertian surat pribadi, ciri - ciri, bagian - bagian beserta contohnya. Pada artikel kali ini trikuswa.com akan mengulasnya secara lengkap, untuk itu mari kita simak uraian lengkap berikut ini.


Surat Pribadi : Pengertian, Ciri, Bagian - Bagian Beserta Contohnya


Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi yakni jenis surat yang berisi keperluan pribadi yang pada umumnya ditulis dengan secara pribadi serta ditujukan kepada orang lain dengan memakai suatu bahasa yang tidak baku. Pada umumnya, surat pribadi tidak memiliki aturan yang mengikat. Surat pribadi dapat ditulis menurut  keinginan masing - masing penulis. Walaupun begitu, dalam etika serta penggunaan bahasa yang sopan senantiasa harus diperhatikan sesuai dengan latar belakang serta kepada siapa surat itu akan kita tujukan.

Ciri - Ciri Surat Pribadi

Surat pribadi memiliki ciri - ciri diantaranya :
  • Tidak memiliki kop surat
  • Tidak memiliki nomor surat
  • Salam pembuka ataupun penutup tentunya beragam serta lebih bersifat santai ( non formal )
  • Dalam pemakaian bahasa bebas ( tidak baku ) sesuai selera penulis
  • Format surat bebas

Bagian - Bagian Surat Pribadi




                                                                                                                               Banjar, 7 April 2018
Reni Suherdiani
Jl. Kapten Jamhur No.14 I/I
Mekarsari, Banjar
Kota Banjar

Salam Persahabatan,

Halo Reni, bagaimana kabar kamu ? Aku berharap semoga kamu baik-baik saja ya ! Alhamdulillah soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.
Eh, Ren, tahun depan aku mau ke rumah nenekku yang ada di Banjar. Jadi aku bisa mampir sekalian kerumah kamu. Boleh kan aku main ke rumah kamu? Pasti boleh lah, soalnya aku kangen berat dengan kamu. Awas, kalau tidak boleh! Jangan marah lho ren, aku cuma bercanda ko. Ren, gmana foto kenangan kita, masih disimpan nggak? Soalnya punya aku hilang nggak tau kemana.

Ren, cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya Ian. Aku tunggu lho balesan suratnya!

Dari temanmu
Ttd.

Rina


1. Alamat dan tempat tanggal Pembuatan Surat

Bagian ini menerangkan posisi dan waktu dibuatnya surat.
Contoh :
 Banjar, 7 April 2018

Reni Suherdiani
Jl. Kapten Jamhur No. 14 1/1
Mekarsari, Banjar
Kota Banjar

2. Salam Pembuka

Salam pembuka yaitu sapaan seseorang sebelum menulis surat. Anda dapat memakai kalimat seperti pada contoh di atas ( salam persahabatan ) atau dengan salam yang diantaranya :

Assalamualaikum
Salam manis
Salam sejahtera
dan masih banyak lagi

3. Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka pada umumnya berupa pertanyaan tentang kabar, kesehatan, keadaan ataupun cuma sekedar basa - basi.

Contohnya :
" Hallo Ren, bagaimana kabar kamu ? Aku berharap semoga baik - baik saja ya !
Alhamdulillah soalnya aku di sini juga sehat dan baik - baik saja ".

4. Paragraf Isi

Paragraf ini berisi inti atau tujuan ditulisnya surat. Walaupun yang anda tulis yaitu surat pribadi, bagian ini selalu mesti anda tulis jelas serta mudah untuk dimengerti. Hal ini bertujuan agar pesan anda dapat tersampaikan dengan baik juga.

" Eh ren tahun depan aku mau ke rumah nenekku yang ada di Banjar. Jadi aku bisa mampir sekalian ke rumah kamu. Boleh kan aku masin ke rumah kamu ? Pasti boleh lah, soalnya aku kangen berat dengan kamu. Awas, kalau tidak boleh ! Jangan marah lho Ren, aku cuma bercanda ko. Ren, gimana foto kenangan kita, masih disimpan nggak ? Soalnya punya aku hilang nggak tahu kemana".

5. Paragraf Penutup

Paragraf penutup dipakai untuk mengakhiri isi surat. Pada umumnya paragraf ini berisi tentang permohonan maaf, mohon diri, harapan dan sebagainya.

Ren, cukup sampai disini dulu yang surat dari aku. Jangan lipa dibalas ya Ren. Aku tunggu lho balesan suratnya !

Itulah uraian di atas tentang  Surat Pribadi : Pengertian, Ciri, Bagian - Bagian beserta Contohnya. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang berguna serta menambah pengetahuan bagi para pembaca, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel