15 Sifat dan Ciri - Ciri Lelaki Sholeh

15 Sifat dan ciri - ciri laki - laki sholeh - Pada dasarnya wanita bisa mendapatkan lelaki yang dapat menjadi pasangan hidup sekaligus menjadi imam yang baik. Kali ini trikuswa.com akan mengupas tentang  sifat dan ciri laki - laki sholeh. Jika ingin mendapatkan istri yang baik serta sholehah, maka milikilah sifat serta karakter ini serta bisa bercermin dari hal - hal yang akan dibahas pada artikel kali ini. Dan bila anda wanita, sifat - sifat berikut bisa dijadikan acuan dalam memilih calon imam yang baik, jangan sampai terjadi penyesalan di kemudian hari.



15 sifat dan Ciri - ciri Lelaki Sholeh


15 Sifat dan Ciri Laki - Laki Sholeh


Adapun beberapa sifat serta ciri - ciri laki - laki sholeh, antara lain :

1. Mempunyai agama yang kuat

Ini merupakan kunci utama untuk laki - laki serta perempuan. Saat agama yang kuat ada dalam diri seorang laki - laki, maka semua hal lain mengikutinya. Senantiasa menjaga ketaatannya pada Allah serta Rasulullah, menjaga sholatnya serta dilakukan berjamaah dan tepat waktu, sebab laki - laki sangat dianjurkan shalat berjamaah di masjid, menjalankan amalan - amalan sunnah, rajin dalam beribadah serta menuntut ilmu, lepas dari itu juga senantiasa memelihara diri dari perbuatan yang dibenci Allah. InsyaAllah waktu laki - laki sudah mempunyai keteguhan iman yang kuat serta bertaqwa kepada Allah SWT, ia akan bersinar serta mempunyai wajah yang tenang. Laki - laki yang seperti ini tentunya sangat didambakan oleh semua wanita shalihah.


2. Berakhlakul karimah

Point utama bagi laki - laki yaitu berakhlak dan berbudi pekerti serta berperangai yang baik. Akhlak yakni sebagai cerminan seseorang, bila akhlaknya baik tentunya orang baik secara umum, bila akhlaknya buruk maka kejelekanpun menjadi lebel untuk seseorang yang tidak dapat menjaga adabnya.

3. Haus akan ilmu

Seseorang yang sholeh tidak akan pernah merasa puas terhadap ilmu yang didapatkannya, senatiasa merasa kurang, sebab ia tahu bahwa ilmu bila dipelajari tidak akan pernah habis. Serta makin banyak ilmu yang diketahui akan semakin menjadikannya rendah hati serta bukan siapa - siapa.


4. Bertanggung jawab

Bagaimana cara memandang seorang laki - laki yang bertanggung jawab ? kita dapat lihat dari kehidupannya sehari - hari. Dapat kita lihat juga bagaimana cara dia memperlakukan kedua orang tuanya, orang orang terdekatnya, juga terhadap apa yang dilakukannya. Laki - laki sholeh tidak akan mengabaikan apa yang sudah menjadi hak serta kewajibannya baik terhadap Allah, pekerjaan, dirinya serta orang lain.

5. Amanah

Laki - laki yang baik serta sholeh mesti bersifat amanah atau bisa dipercaya, tidak mengabaikan tugas yang sudah diberikan kepadanya serta tidak menyalahgunakan kuasa dan kedudukannya.

6. Tegas

Tegas bukan berarti galak, melainkan tidak plin plan serta tegas dalam mempertahankan martabatnya serta tegas dalam memberikan nasehat - nasehat kebaikan. Sebab laki - laki adalah imam bagi istri serta anak - anaknya, tentunya diperlukan ketegasan, tetapi tetap mempunyai hati yang lembut, sopan tutur katanya, tidak gampang menyakiti hati orang lain, dan berhati  mulia.

7. Tidak boros serta bakhil

Tidak salah menggunakan serta membelanjakan uangnya, mengeluarkan segala sesuatu tidak berlebihan. Tidak cuma uang atau materi melainkan hal lain seperti dalam hal makan, tidak berlebihan tetapi tidak pelit juga. Semua sesuai dengan porsinya. Lantaran segala sesuatu yang berlebihan itu menjadikan kurang baik.

8. Bergaul dengan orang - orang sholeh

Berkumpul di majlis dzikir atau senantiasa berkumpul dengan orang - orang yang mengajak pada kebaikan. Sebagaimana dia termasuk golongan orang sholeh, akan tetapi setiap harinya berkumpul dengan orang - orang yang melalaikan agama. Menjauhi pergaulan bebas, seperti bergaul antara laki - laki dengan perempuan tanpa batas, serta selalu menjaga maruahnya dihadapan Allah.

9. Menjaga pandangan

Tidak cuma wanita yang mesti menjaga pandangannya, melainkan laki - laki pun senantiasa menjaga pandangannya dari perbuatan maksiat, tidak suka melihat sesuatu hal yang belum halal, senantiasa menundukan kepala serta tidak menatap wanita bukan muhrimnya apalagi sampai berlaku atau bertindak lebih dari itu. Tidak cuma mata, tetapi juga dapat menjaga tangan, hati serta juga pikirannya dari hal - hal yang tidak dianjurkan oleh agama.

10. Rendah hati serta pemaaf

Tidak sombong, senantiasa menjaga lisannya dengan berkata santun serta pilihan kata - kata yang baik, tidak membanggakan diri serta senantiasa rendah hari pada siapapun dan senantiasa memaafkan segala kesalahan orang lain.


11. Kharismatik serta selalu menjaga kebersihan diri

Laki - laki yang mempunyai kharisma, senantiasa tampil dengan busana yang rapi serta menjada badannya untuk tetap bersih. Bersih  tidak cuma dengan mandi, namun senantiasa menjaga dari bau badan tak sedap.


12. Sabar dan ikhlas

Mempunyai hati yang sabar serta ikhlas dalam menerima segala ujian dari Allah. Bukan uring - uringan, lemah, apalagi jika sampai berputus asa. Lantaran senantiasa yakin bahwa Allah selalu bersama orang - orang yang bertaqwa.

13. Mempunyai cinta serta kasih sayang

Laki - laki sholeh pastinya mempunyai hati yang luas juga penuh cinta serta kasih sayang. Bisa dilihat dari bagaimana ia memperlakukan ibunya, bapaknya, saudaranya, serta orang muslin lainnya. Dari cinta kasih sayang yang luas, tentunya akan timbul pengertian serta perhatian. Begitu luar biasa seorang laki - laki mempunyai rasa tanggung jawab, cinta serta kasih sayang serta penuh perhatian.

14. Selalu menepati janji

Lelaki yang baik dalam islam akan senantiasa menepati janji yang telah ia ucapkan. Sifat yang seperti ini sangat penting untuk dimiliki setiap pria muslim. Ia tidak akan pernah membuat waktu yang dipunyai untuk hal yang kurang bermanfaat. Islam sendiri juga menganggap penting mengenai waktu serta Rasulullah SAW sendiri juga pernah berkata " hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sibuk serta kaya sebelum miskin".


15. Mengajak menikah, bukan pacaran

Ciri laki - laki sholeh yang terakhir yakni mengajak wanita yang dicintainya untuk menikah serta bukan pacaran dalam islam. Jika pria tersebut mengajak wanita idamannya untuk berpacaran, maka bukan menjadi ciri - ciri muslim yang sejati. Larangan berpacaran dalam islam tidak cuma kegiatan yang membuang waktu, melainkan juga mendekatkan pasangan pada kemaksiatan.


Demikian uraian di atas tentang 15 Sifat dan Ciri - ciri Lelaki Sholeh. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan serta dapat dijadikan acuan dalam memilih pasangan hidup serta menjadi imam kelak nanti, terima kasih telah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel