16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu

16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu - Begitu banyak keutamaan shalat yang  besar manfaatnya untuk kehidupan manusia. Shalat fardhu atau sholat 5 waktu, diantaranya subuh, dzuhur, ashar, magrib, serta isya. Seperti yang kita ketahui bersama tentunya merupakan salah satu ibadah wajib yang diterima Nabi Besar Muhammad SAW langsung tanpa adanya perantara waktu di Isra dan dimi'rajkannya yakni tentang sholat 5 waktu.  Sholat yakni sebuah amalan yang paling dasar (utama ).  Dan pada artikel kali ini trikuswa.com akan menguraikan secara lengkap. Untuk mengetahui lebih jauh lagi simak terus uraian di bawah ini.



16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu


Keistimewaan Shalat Fardhu 5 Waktu Yang Utama

Berikut ini ada beberapa keistimewaan shalat fardhu yang utama, diantaranya :

  1. Sholat dikatakan istimewa lantaran merupakan salah satu dari rukun islam serta hukum mengerjakannya yaitu wajib bagi kaum muslim.
  2. Sholat merupakan tiang agama. Bagaimana sebuah bangunan bisa kokoh bila tiang bangunannya rapuh atau bahkan tidak mempunyai tiang sama sekali, tentunya tidak sempurnalah bangunan tersebut. Begitu pula dengan sholat, saat sholat tidak kita kerjakan, niscaya tidak sempurnalah agama kita.
  3. Shalat merupakan wasiat terakhir Rasulullah SAW untuk umatnya. Bagaimana kita mengaku mencintai Rasul namun sholat tidak kita kerjakan.
  4. Dengan mengerjakan sholat, Allah SWT akan selalu memberikan cinta serta kasih sayangnNya sesuai dengan janjiNya.
  5. Shalat merupakan perisai serta benteng dalam mencegah perbuatan keji dan munkar. Saat seseorang telah melaksanakan sholat serta tetap melakukan maksiat serta dosa - dosa besar lainnya. Maka, ia mesti memperbaiki shalatnya sebab pada dasarnya shalat itu dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.
  6. Shalat sebagai pembeda antara orang muslim dan kafir.
  7. Sholat sebagai langkah -langkahnya orang mukmin. Dengan mengerjakan sholat insyaAllah akan turun rahmat serta keberkahan bagi orang - orang mukmin.
  8. Sholat 5 waktu bisa menghapus dosa - dosa kecil serta ampunan dari Allah. Kita sebagai manusia lazimnya tidak luput dari salah dan dosa, sehingga Allah memberikan hadiah berbentuk wahyu kepada Nabi Muhammad berupa sholat 50 waktu dalam sehari semalam hingga akhirnya menjadi 5 waktu. Semua itu tentunya ada alasannya, Allah memberikan pelebur dosa - dosa kecil dengan menjalankan sholat 5 waktu.
  9. Shalat yang diterima bisa menyelamatkan kita dari api neraka. Neraka Weil disediakan untuk orang - orang yang meninggalkan serta melalaikan sholat.
  10. Sebagai pewaris surga firdaus serta kekal abadi selamanya.
  11. Shalat merupakan ibadah yang paling utama, yang pertama kali dihisab serta dipertanggung jawabkan waktu kita menghadap sang khaliq.
  12. Bagi orang yang khusyu, ketika melaksanakan sholat, akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.
  13. Allah memberikan kepribadian yang bercahaya laksana sinar bulan purnama, sinar kegelapan, kebijaksanaan dalam kebodohan, diteduhkan pikirannya, dilapangkan hatinya serta dimudahkan dalam berbagai urusannya.
  14. Shalat yakni tempat berdoa serta bermunajat kepada Allah serta tempat meminta pertolongan kepada Allah SWT.
  15. Dalam mengerjakan shalat subuh, akan selalu disaksikan oleh para malaikat.
  16. Disetiap gerakan sholat mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya : gerakan - gerakan dalam sholat dapat melakukan peregangan atau stretching untuk melenturkan tubuh serta kelancaran aliran darah di dalam tubuh, memudahkan persalinan, kesuburan untuk wanita, serta pada waktu sujud, posisi jantung berada di atas otak, yang menimbulkan darah bercampung dengan oksigen yang dapat mengalirkan secara maksimal ke otak. Aliran darah ini berpengaruh pada daya pikir seseorang.

Baca juga : 15 Sifat dan Ciri - Ciri Lelaki Sholeh


Hikmat Sholat 5 Waktu

Selain dari kesitimewaan itu sendiri sholat 5 waktu tentunya adanya hikmat bagi orang - orang yang mengerjakannya.  Berikut ini 10 hikmat yang didapat dari sholat 5 waktu diantaranya :

  1. Menjadi cahaya hati
  2. Menjadi perhiasan/ waja berseri
  3. Sebagai obat sakit
  4. Dapat meringankan perkara dalam kubur
  5. Dapat memperlancar turunya rahmat dari Alloh SWT
  6. Sebagai kunci langit
  7. Menambah timbangan amal kelak
  8. Mendapatkan ridho Alloh SWT
  9. Menjadi harganya surga
  10. Sebagai penghalang dari api neraka


Kesimpulan

Uraian diatas menerangkan tentang beberapa keistimewaan dari sholat fardhu 5 waktu. Tentunya tidak hanya kesitimewaan melainkan tentunya adanya hikmat bagi orang - orang yang mengerjakannya.

Tentunya masih banyak lagi keistimewaan - keistimewaan yang belum diuraikan dalam artikel mengenai 16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi para pembaca, terima kasih telah berkunjung.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel