Modernisasi : Pengertian, Ciri, Dampak Beserta Contohnya

Modernisasi - Kehidupan manusia pada dasarnya terus ingin terus menginginkan bentuk perubahan dari situasi ( kondisi ) yang kurang maju menjadi kondisi yang lebih baik  dengan harapan dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat. Pada artikel kali ini trikuswa.com akan mengupas tentang Modernisasi dimana meliputi pengertian, ciri - ciri, dampak, dan beserta contohnya. Untuk dapat mengetahui informasi lebih jauh lagi simak terus uraian berikut ini.



Modernisasi : Pengertian, Ciri, Dampak Beserta Contohnya


Pengertian

Modernisasi dalam ilmu sosial didefinisikan merupakan salah satu istilah untuk menyebutkan sebuah bentuk perubahan dari situasi kurang maju menjadi kondisi yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat lebih baik makmur, sejahtera serta bermartabat.

Modern juga kerap dikatakan merupakan perkembangan ilmu teknologi serta pengetahuan yang terus berkembang. Pengaruh perubahan teknologi ini semakin bisa kita rasakan oleh penduduk baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan.

Secara sederhana, modernisasi berarti proses perubahan kondisi dari cara - cara tradisional ke cara - cara yang lebih baru yang diinginkan dengan itu bisa meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Modernisasi yakni bentuk perubahan sosial yang terarah serta terencana.

Dibawah ini merupakan beberapa pengertian menurut para ahli, antara lain :

Widjojo Nitisastro

Modernisasi yakni suatu proses transformasi keseluruhan serta kehidupan bersama yang tradisional atau pra-modern dalam arti atau konteks teknologi dan organisasional ke arah model yang lebih ekonomis serta strategis.

Soerjono Soekanto

Modernisasi yakni suatu bentuk perubahan sosial yang dilakukan secara terarah berdasarkan kepada suatu perencanaan yang biasanya dikatakan dengan istilah social planning.


Wilbert E Moore

Modernisasi yakni sebagai suatu perubahan total kehidupan bersama yang tradisional ke arah - arah pola yang lebih ekonomis serta strategis yang menjadi ciri negara barat yang stabil.

Modernisasi di dalam suatu kelompok masyarakat bisa terjadi dalam bermacam bidang seperti halnya sektor pertanian, perdagangan, teknologi informasi, industry serta masih banyak lagi dalam kehidupan masyarakat. Berbagai bidang tersebut bisa berkembang melalui serangkaian proses yang panjang sehingga menuju pola prilaku yang berwujud pada kehidupan masyarakat modern.


Modernisasi dalam masyarakat kerap disalah artikan yakni suatu kondisi yang negative, sebab cenderung mementingkan suatu kebebasan yang bersifat keduniawian. Oleh sebab itu, untuk dapat terhindar dari kesalahan tafsiran dari makna modernisasi itu sendiri, modernisasi dapat diartikan antara lain :
Modern berarti kemajuan, yang rasional dalam berbagai sektor serta meningkatnya taraf kehidupan masyarakat secara menyeluruh serta tersebar merata.
Modern berarti kemanusiaan serta tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidup.


B. Ciri - Ciri Modernisasi

Modernisasi tidak merata terjadi langsung dalam kehidupan masyarakat. Suatu kondisi dipandang  modernisasi jika memenuhi syarat sebagai berikut :

  • Tingkat organisasi yang tinggi, terutama disiplin diri sendiri
  • Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial
  • Sistem administrasi yang baik, yang menciptakan reformasi birokrasi yang mumpuni
  • Adanya sistem pengumpulan data yang teratur
  • Cara berpikir ilmiah yang melembaga ke dalam hidup penguasa maupun masyarakat
  • Penciptaan iklim yang menyenangkan dari masyarakat terhadap modernisasi dengan cara pemakaian alat - alat komunikasi massa.


Penting untuk dimengerti akan modernisasi yakni bentuk yang berbeda dengan westernisasi. Bila modernisasi yaitu suatu perubahan kondisi ke cara - cara yang lebih baik, maka westernisasi merupakan proses mengikuti kehidupan yang lebih baik yang ditiru menurut kebudayaan barat yang dianggap lebih baik daripada kebudayaan daerahnya sendiri.

Namun, di dalam perkembangannya, proses modernisasi tidak bisa dipisahkan daripada proses westernisasi. Hal ditimbulkan oleh perkembangan masyarakat modern yang pada dasarnya terjadi di dalam kehidupan masyarakat.

Modernisasi itu sendiri terdapat beberapa ciri yang dapat dibedakan diantaranya :

Aspek Sosio Demografis

Juga dikatakan dengan aspek mobilitas yang merupakan proses perubahan unsur - unsur sosial, ekonomis, dan psikologis masyarakat yang menunjukan peluang untuk berubah ke arah yang lebih modern seperti halnya urbanisasi, mekanisme serta peningkatan per kapita.


Aspek Struktur Organisasi Sosial

Aspek ini yakni unsur - unsur serta norma kemasyarakatan yang terbentuk jika manusia mengadakan hubungan antara sesama dalam kehidupan bermasyarakat, bisa berkaitan dengan lembaga kemasyarakatan, norma sosial, pelapisan sosial, kekuasaan serta wewenang serta interaksi sosial.

Dampak Modernisasi

Dampak Positif


  • Perubahan tata nilai serta sikap, perubahan ini bisa terjadi dalam masyarakat terbukti dari adanya pola berpikir yang berubah dari irasional kearah rasional.
  • Berkembangnya ilmu pengetahuan serta teknologi, dengan berkembangnya hal ini, masyarakat bisa lebih mudah beraktivitas serta menuntut untuk berpikir maju. Perkembangan ilmu pengetahuan juga kian membentuk proses modernisasi tersebut.
  • Tingkat kehidupan yang lebih baik, pemanfaat teknologi ataupun pengetahuan yang berkembang bisa meningkatkan peran kehidupan serta penghidupan masyarakat menjadi jauh semakin baik dari waktu ke waktu.
  • Memperkuat integrasi ke masyarakat, sikap yang terbuka di dalam masyarakat modern menjadikan komunikasi antara masyarakat kian bertambah lancar. Proses komunikasi yang lancar akan memperkuat integrasi di dalam kehidupan kelompok masyarakat.
  • Meningkatkan kesadaran politik serta demokrasi, dengan kian terbukanya informasi - informasi baik dari media cetak ataupun media elektronik, maka semakin banyak pula pengetahuan politik serta demokrasi yang diketahui masyarakat. Dengan demikian, sikap kritis sebagai bentuk dari masyarakat demokrasi akan semakin terwujud.



Dampak Negatif


  • Kesenjangan sosial, hal ini bisa ditinjau dengan adanya fenomena timbulnya kelompok sosial tertentu seperti halnya kelompok asongan, pengangguran, pedagang kaki lima, dan masih banyak lagi. Lain daripada itu, modernisasi juga kiat memperkuat jurang pemisah antara yang berpendidikan dengan yang tidak, serta pula modernisasi menimbulkan berubahnya aturan  sosial dalam masyarakat itu sendiri.
  • Kesenjangan ekonomi yang bisa ditinjau dari adanya jurang antara si kaya dan si miskin, timbulnya budaya konsumen, timbulnya budaya demonstration effect ( suka memperlihatkan) dan masih banyak lagi.
  • Pencemaran lingkungan alam, dengan adanya pembangunan bermacam pabrik industri, tentunya tidak bisa terhindar dari adanya pencemaran lingkungan di sekitar pabrik tersebut dari hasil pengolahan barang industri.
  • Adanya kriminalitas, disebabkan adanya keinginan setiap orang untuk melebihi orang lain, yang dilakukan dengan bermacam cara, tergolong cara - cara kriminal.


Contoh Modernisasi

Bidang Komunikasi

Dengan adanya modernisasi, maka komunikasi antar individu pun akan lebih cepat. Tidak ada lagi penghalang dalam melakukan komunikasi jarak jauh. Berkat teknologi kita semakin gampang dalam mengakses informasi - informasi dari belahan dunia lain secara cepat. Akan tetapi dibalik gemerlapnya kemajuan komunikasi, maka menimbulkan antar individu telah jarang untuk berkomunikasi langsung secara tatap muka. Hal ini, niscaya dapat memperburuk kualitas interaksi sosial di dalam masyarakat.

Bidang Pekerjaan

Pada zaman pra-sejarah masyarakat senantiasa mengerjakan segala sesuatu dengan cara - cara tradisional baik dengan tenaga manusia sendiri ataupun tenaga - tenaga hewan serta makhluk hidup lainnya yang tersedia di belahan bumi. Akan tetapi dengan adanya modernisasi, maka  timbul serta lahirlah bermacam - macam mesin yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia, sehingga dapat menciptakan barang yang efesien tanpa menghabiskan banyak waktu.

Bidang Pendidikan

Dengan adanya modernisasi, yang tadinya orang - orang mempelajari sesuatu dengan memakai buku serta akan membuat semakin banyak kertas yang terbuang, menjadi gampang dalam mengakses buku dalam wujud elektronik, menjadikan semakin mudah untuk dibawa kemana - mana.

Demikian uraian di atas tentang Modernisasi : Pengertian, Ciri, Dampak beserta Contohnya. Semoga uraian ini dapat memberikan manfaat serta menambah pengetahuan untuk anda semua, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel