Interaksi dalam Pendidikan : Pengertian beserta Contohnya

Trikuswa.com - Istilah interaksi, pasti kita sudah bisa menggambarkan suatu hubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Dan dalam ilmu sosiologi dikatakan interaksi senantiasa dikaitkan dengan makna hubungan timbal balik atau aksi reaksi tanpa memperdulikan hubungan tersebut bersifat sahabat ataupun bermusuhan.  Interaksi itu sendiri dapat terwujud di berbagai kalangan baik dalam kalangan masyarakat atau lingkungan, dalam lingkungan pendidikan. Nah, pada dalam artikel kali kami akan membahas tentang Interaksi dalam Pendidikan, dimana kami akan mengupas mencakup pengertian beserta contoh interaksi dalam pendidikan itu sendiri. Selamat membaca !


Pengertian Interaksi dalam Pendidikan beserta Contohnya


Interaksi dalam Pendidikan : Pengertian beserta Contohnya


Pengertian

Sesuai dengan salah satu buku karya Drs. Soetomo dikatakan mengenai interaksi yaitu suatu hubungan timbal balik antara orang satu dengan orang lainnya, baik itu bentuknya persahabatan atau permusuhan baik dalam lingkup formal atau non formal, prosesnya bisa secara face to face ( secara langsung) atau lewat komunikasi yang tidak berhadapan langsung. Intinya interaksi yaitu kontak serta komunikasi diantara orang - orang tersebut. Namun, beda halnya jika kita kaitkan hubungan timbal balik antara guru dengan anak didiknya yang bersifat mendidik, hal mana interaksi itu mesti diarahkan pada suatu tujuan yang sifatnya mendidik yakni adanya perubahan pada prilaku anak didik menuju kedewasaan.

Pada interaksi belajar mengajar, seorang guru berkedudukan sebagai pengajar akan berusaha secara maksimal dengan memakai beragam keahlian supaya anak didiknya dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Oleh sebab itu guru mesti bisa mewujudkan kondisi dimana supaya anak didik itu sendiri dapat belajar, lantaran proses belajar mengajar belum dapat dibilang berhasil kalau anak didiknya belum dapat belajar serta belum mengalami perubahan prilaku yang lebih baik. Sebab perubahan prilaku didapatkan berkat belajar.

Peran penting guru proses pendidikan di sekolah itu yakni guru merupakan tenaga pendidik, guru sebagai pembimbing serta guru sekaligus sebagai administrator. Peran atau kewajiban guru diantaranya :
  1. Guru harus mempunyai rasa kasih sayang terhadap anak didiknya serta memperlakukan selayaknya anak kandung sendiri.
  2. Seorang guru dalam mengajar atau menyampaikan ilmu pengetahuan kepada muridnya dalam rangka mendapat kan keridhoan Allah SWT bukan melainkan mencapai tujuan keduniawian.
  3. Guru mesti bijaksana ketika memberikan teguran, serta menghindari cara atau prilaku yang kasar terhadap anak didiknya.
  4. Seorang guru mesti bersifat toleran terhadap semua anak didiknya, serta seorang guru mesti bisa memberikan nasehat secara ikhlas serta kapan dan dimana saja terhadap muridnya.
  5. Seorang guru dapat berbicara dengan bahasa murid serta dapat juga memahami kemampuan - kemampuan anak didiknya agar senantiasa apa yang diberikan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.
  6. Seorang guru mesti menyampaikan segala sesuatu kepada anak didiknya dengan singkat serta jelas.
  7. Seorang guru mesti mengamalkan akan ilmunya serta jangan bersikap munafik.

Contoh Interaksi dalam Pendidikan

1. Interaksi antara siswa dan siswa

 Contoh : Rudi dan jefri berdiskusi mengenai tugas yang diberikan oleh guru

2. Interaksi antara siswa dan guru

Contoh : 
  • Pada waktu di kelas, guru menjelaskan materi pelajaran, selanjutnya siswa bertanya mengenai materi yang sedang dibahansya tersebut.
  • Siswa melakukan presentasi di depan kelas selanjutnya guru memberikan tanggapan, tambahan serta catatan untuk presentasi yang dilakukan siswa yang bersangkutan.

3. Interkasi antara guru dengan Kepala Sekolah

Contoh : Pada waktu rapat berlangsung, Pak Guru Nanang mengemukakan akan pendapatnya kepada kepala sekolah serta selanjutnya pendapatnya ditanggapi oleh bapak kepala sekolah.

4. Interaksi siswa dan Kepala sekolah

Contoh : Nono menghadap kepala sekolah sebab hendak mendiskusikan ide nya mengenai kunjungan ke sekolah lain, selanjutnya kepala sekolah memberikan tanggapan terhadap ide yang disampaikan oleh Nono sebelumnya.

Demikian uraian di atas tentang  Interaksi dalam Pendidikan : Pengertian beserta Contohnya. Semoga uraian di atas dapat memberikan manfaat serta pula dapat menambah wawasan bagi anda semua, terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel