Lempar Cakram : Pengertian, Teknik Dasar, Lapangan beserta Perlengkapannya

Hallo sahabat Trikuswa dimanapun berada, semoga dalam keadaan tidak kurang apapun juga. Oh ya, untuk anda yang sedang membutuhkan informasi tentang Olahraga cabang atletik, khususnya Lempar Cakram. Tentunya sangat tepat untuk membaca artikel ini, dimana kami akan mengupas tentang Pengertian, Teknik dasar, Lapangan beserta perlengkapannya, selamat membaca.


Lempar Cakram : Pengertian, Teknik Dasar, Lapangan beserta Perlengkapannya




1. Pengertian 

Lempar Cakram yaitu salah salah satu cabang atletik yang dilakukan dengan melemparkan cakram dari lapangan cakram yang berbentuk lingkaran. Untuk menghasilkan lemparan sejauh mungkin, tentunya dilakukan awalan dengan  memutarkan badan sebaik - baiknya. Besar sudut lemparan lintasan cakram 450 serta lemparan yang sah  mesti jatuh pada sektor lemparan.

2. Alat dan Lapangan

Alat dan prasarana yang dibutuhkan dalam lempar cakram yaitu sebagai berikut.
a. Alat
Alat yang digunakan dalam lempar cakram adalah cakram. Berat cakram untuk putra 2 kg, cakram untuk remaja 1,5 kg untuk putra, dan 1 kg untuk putri.
b. Lapangan
Lapangan berbentuk lingkaran dengan berdiameter 2,50 meter dengan besar sudut 450.


Lempar Cakram
Lapang Lempar Cakram


3. Teknik Dasar Lempar Cakram

a. Teknik memegang cakram
  1. Cakram dipegang dengan empat jari terbuka.
  2. Keempat  jari diletakkan pada cakram
  3. Ujung ruas jari - jari menekuk serta menutupi pinggir cakram untuk menahannya.
  4. Sementara itu, ibu jari letaknya  agak bebas.

Lempar Cakram


b. Teknik gerak awalan
  1. Dilakukan dengan cara berdiri  menyamping.
  2. Arah lemparan serta tangan kanan lurus ke belakang dengan kedua lutut direndahkan.
  3. Ayunkan kembali lengan kanan ke depan atas dengan kedua lutut naik.
  4. Teknik gerak awalan perlu dilatih secara berulang - ulang supaya teknik yang dikuasai lebih baik lagi.

Baca juga : Makalah Lempar Cakram

Lempar Cakram


c. Teknik ayunan tangan saat melempar
  1. Dilakukan dengan berdiri menyamping ke arah lemparan
  2. Cakram dipegang dua tangan di atas bahu.
  3. Ayunkan cakram ke belakang disertai kedua lutut merendah.
  4. Ayunkan kembali ke depan atas bersamaan dengan dua lutut naik.


Lempar Cakram

d. Teknik gerakan ikutan ( follow strought/ polosthrous )
Gerak ikutan yaitu gerak sesudah cakram lepas dari tangan, selanjutnya mengubah kedudukan langkah kaki kiri dengan kanan. Fungsi gerakan ini yaitu menjelaskan kecepatan berat badan serta menjaga keseimbangan. Dalam perlombaan lempar cakram, juara ditentukan oleh atlet yang lemparan yang paling jauh. Oleh sebab itu,  untuk menghasilkan lemparan sejauh mungkin harus melempar dengan kecepatan maksimal serta mengerahkan tenaga besar.

4. Gaya Lempar Cakram

Untuk melakukan lemparan, pada lempar cakrtam terbagi menjadi 2 jenis gaya, diantarnya:

  • Gaya Belakang
  • Gaya Samping

5. Peraturan Lempar Cakram


  1. Lempar cakram harus diawali dengan sikap berdiri seimbang di dalam lingkaran tanpa meningjak garis lingkaran. Pelempar tidak diperkenankan meninggalakan lingkaran lempar sebelum juri mengatakan sah posisi berdirinya melalui setengah lingkaran bagian dalam. Pelempar dapat menyentuh dinding bagian dalam dari balk\ok batas lemparan namun tidak diperbolehkan menyentuh bagian atasnya.
  2. Lemparan diukur dengan lemparan dari bekas jatuhnya cakram yang terdekat ke tepi dalam balok. Jika peserta lebih dari  delapan orang, maka delapan pelepar terbaik untuk melaju ke babak berikutnya ( final). Jika peserta lomba delapan orang atau kurang, maka untuk setiap peserta diberi kedempatan melempar sebanyak enam kali dan langsung melaju ke babak final.
  3. Lingkaran lemparan tersebut terbuat dari material besi baja, atau bahan lain yang sesuai. Tepat bagian atasnya dipasang rata dengan permukaan tanah di luarnya. Bagian dalam terbuat dari semen, aspal atau bahan lain yang kukuh namun tidka membuat licin pada permukaanya. Selanjunya untu bagian dalam mesti datar lebih rendah 14 mm sampai 26mm dari sisi atas tepi lingkaran.
  4. Ukuran garis tengah sebelah dalam lingkaran lempar yaitu 2,5 m, tebal besi lingkaran lempar 6mm dan diharuskan di cat putih. Selanjutnya untuk garis putih selebar 5 cm harus ditarik dari bagian atas lingkaran besi sepanjang 75 cm pada kedua sisi lingkaran.


Kesimpulan


  1. Lempar Cakram yaitu salah salah satu cabang atletik yang dilakukan dengan melemparkan cakram dari lapangan cakram yang berbentuk lingkaran. Untuk menghasilkan lemparan sejauh mungkin, tentunya dilakukan awalan dengan  memutarkan badan sebaik - baiknya. Besar sudut lemparan lintasan cakram 450 serta lemparan yang sah  mesti jatuh pada sektor lemparan.
  2. Alat yang digunakan bulat, permukaannya pipih seperti halnya piring dengan memiliki Berat cakram untuk putra 2 kg, remaja 1,5 kg untuk putra, dan 1 kg untuk putri.


Demikian uraian di atas tentang Lempar Cakram : Pengertian, Teknik Dasar, Lapangan beserta Perlengkapannya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan untuk anda semua, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lempar Cakram : Pengertian, Teknik Dasar, Lapangan beserta Perlengkapannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel