Macam – Macam Start Jongkok beserta Tekniknya

Halo sobat  trikuswa dimanapun anda berada, mudah – mudahan anda semua dalam kondisi yang tidak kekurangan satu apapun, Aamiin. Untuk anda yang sedang mencari informasi mengenai Macam – macam Start Jongkok, tentunya anda sangat tepat sekali jika terus mengikuti uraian pada artikel ini, dimana akan mengupas seputar pengertian, macam dan teknik dasar.

Macam – Macam Start Jongkok beserta Tekniknya


Macam – Macam Start Jongkok beserta Tekniknya


Istilah start jongkok mungkin sudah tak asing dalam olahraga atletik, khususnya lari. Dan start jongkok itu sendiri senantiasa dilakukan pada lari jarak pendek. Istilah dinamakan dengan start jongkok itu sendiri lantaran nyaris seperti posisi tubuh saat berjongkok. Untuk lebih jelasnya simak terus uraian berikut ini.

Pengertian 

Start jongkok yaitu salah satu teknik start yang dilakukan untuk olahraga lari khususnya pada lari jarak pendek dengan beragam jenis nomor, yaitu 100, 200 serta 400 meter, bahkan senantiasa dilakukan untuk start lari estafet serta lari gawang.

Start jongkok banyak digunakan pada lari jarak pendek. Lantaran dengan posisi tubuh berjongkok bisa menghasilkan gerakan yang cepat ketika pelari lepas dari garis start akan lebih gampang serta bisa lebih cepat meluncur ke depan.

Untuk start jongkok itu sendiri terbagi menjadi 3 macan diantranya :

1. Shot Start ( start pendek )

Ketika berjongkok lutut kaki belakang tepat berada di ujung kaki yang lain, jikalau dalam posisi berdiri ujung kaki belakang akan berada kira – kira di samping tumit.

Jenis start ini bisa menghasilkan percepatan tinggi, untuk itu banyak pelari dunia yang menggunakannya. Akan tetapi bagi pemula ( anak – anak ) lazimnya kurai tepat sebab dengna posisi kedua kaki yang saling berdekatan itu, fungsi tangan akan terasa lebih berat waktu menahan berat badan. Maka dari itu short start hanya dilakukan oleh pelari yang professional.

2. Medium Start ( start menengah )

Ketika berjongkok lutut kaki belakang kira – kira tepat berada di samping lekukan telapak kaki depan. Dalam posisi berdiri, posisi ujung kaki belakang tepat berada sedikit  di belakang tumit bagian kaki depan. Bagi pelari senior senantiasa masih banyak yang menggunakannya, lantaran medium start bisa menghasilkan percepan yang lumayan tinggi. Nah, untuk pemula lazimnya sangat tepat menggunakan start ini.


3. Long Start ( start panjang )

Ketika berjongkok lutut kaki belakang kira – kira tepat berada di samping atau sejajar dengan tumit kaki bagian depat atau posisi lutut akan mundur lagi. Ketika berdiri kedua kaki saling berjauhan, yakni ujung kaki bagian belakang berada kira – kira dua jengkal dari tumit kaki bagian depan.

Teknik Dasar Start Jongkok

Ada berepa hal yang mesti diperhatikn waktu melakukan start jongkok berikut ini :

  1. Penempatan kaki depan senantiasa merupakan kaki yang yang paling kuat. Hal ini berlaku hanya untuk jenis start pendek, menengah serta panjang.
  2. Posisi lutut disesuaikan seperti halnya sudah disampaikan pada bagian sebelumnya untuk tiap – tiap jenis start jongkok itu sendiri.
  3. Posisi telapak tangan senantiasa terbuka serta menapak pada permukaan tanah.
  4. Senantiasa mengkondisikan diri pada posisi rileks ( santai ) serta berkonsentrasi penuh pada tubuh serta aba – aba start.
  5. Posisi kepala menengadah ke depan akan tetapi tidak terlalu tinggi untuk memandang padar jalus yang mesti dilalui. Hal ini dilakukan pada ada aba – aba “ bersedia”.
  6. Posisi kepala menunduk serta memandang pada permukaan tanah pada posisi aba – aba “ siap”.
  7. Posisi kepala sedikit menunduk namun masih bisa untuk memandang ke depan dengan baik pada aba – aba “ yak” atau bersaman dengan bunyi pistol.
  8. Posisi tubuh bagian atas agak condong ke depan waktu mulai berlari.
  9. Posisi lengan membentuk sudut 90 derajat serta diayunkan sesuai dengan iraha tubuh waktu berlari. ( selepas bunyi pistol berbunyi)


Dengan mempertimbangkan keuntungan dan kekurangan dari start jongkok ini, sebaiknya bagi anda semua disesuaikan dengan postur tubuh pelari itu sendiri. Demikian uraian di atas tentang Macam – macam Start Jongkok beserta Tekniknya. Semoga uraian di atas dapat menambah wawasan bagi anda semua. Terima kasih telah sudi mampir pada blog kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel