Makalah Perkembangan Transportasi Sebelum Industri

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kekhadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan serta kesempatan untuk menyusun makalah ini. Tak luput pula shalawat serta salam penulis panjatkan kepada Nabi kita Nabi Besar Muhammad SAW, karena berkat beliaulah kita dapat menikmati keindahan dunia yang penuh ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Makalah ini membahas tentang “ Perkembangan Transportasi Sebelum Industri ”.

Tak lupa juga penulis berterima kasih kepada semua pihak yang dengan ketulusan serta keikhlasan hatinya senantiasa membimbing penulis dalam menyelesaikan tugas ini. Penulis juga berterima kasih kepada semua pihak teman – teman yang membantu dalam proses penyelesaian makalah ini.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat. Jika ada kesalahan dalam penyusunan makalah ini, penulisa mohon dimaklumi dan penulispun mengharapkan kritik dan saran dari ibu/ Bapak guru serta teman – teman semua.






DAFTAR ISI

Kata Pengantar .................................................................................................................. i
Daftar isi ........................................................................................................................... ii
Bab 1 Pendahuluan ........................................................................................................... 1
          1.1 Latar belakang .................................................................................................. 1
          1.2 Ruang lingkup .................................................................................................. 1
          1.3 Tujuan ............................................................................................................... 1
Bab 2 Isi
          2.1 Perkembangan .................................................................................................. 2
          2.2 Pengaruh/ Resiko .............................................................................................. 3
          2.3 Pencegahan ....................................................................................................... 4
Bab 3 Penutup
3.1 Kesimpulan ................................................................................................................. 6
3.2 Saran ........................................................................................................................... 6
Daftar Pustaka .................................................................................................................


BAB 1 

PEMBUKAAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan transportasi dalam sejarah bergerak dengan sangat perlahan, berevolusi dengan terjadi perubahan sedikit-demi sedikit, yang sebenarnya diawali dengan perjalanan jarak jauh berjalan kaki pada zaman paleolithic. Sejarah manusia menunjukkan bahwa selain berjalan kaki juga dibantu dengan pemanfaatan hewan yang menyeret suatu muatan yang tidak bisa diangkat oleh manusia dan penggunaan rakit di sungai. Beberapa rekaman mengenai transportasi terekam dalam relief yang dipahat di batu pada daerah Mesir Kuno dan daerah sekitarnya seperti ditunjukkan dalam gambar.

1.2 Ruang Lingkup
Dalam hal ini penulis berusaha membahas beberapa masalah yakni sebagai berikut :
1. Bagaimana perkembangan alat transportasi sekarang ?
2. Apa faktor atau resiko yang ditimbulkan alat tranportasi terhadap lingkungan sekitar ?
3. Bagaimana upaya pencgahan terhadap lingkungan yang ditimbulkan oleh alat transportasi ?

1.3 Tujuan
1. Dapat mengetahui perkembangan alat transportasi
2. Dapat  menyebutkan faktor atau resiko yang ditimbulkan alat tranportasi terhadap lingkungan sekitar
3. Dapat mengetahui akan upaya pencgahan terhadap lingkungan yang ditimbulkan oleh alat transportasi


BAB 2 

ISI

2.1 Perkembangan Transportasi Sebelum Industrialisasi
Transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang. Pada tabel berikut ditunjukkan perkembangan didalam transportasi dari zaman ke zaman. Tetapi sebelumnya tentu ada pergerakan manusia ke Benua Australia yang diperkirakan terjadi 40.000 sampai 45.000 tahun yang lalu menggunakan suatu bentuk transportasi maritim.

Makalah Perkembangan Transportasi Sebelum Industri

Makalah Perkembangan Transportasi Sebelum Industri

          Relief kuda yang digunakan antara 23 000 sampai dengan 12 000 tahun yang lalu pada peralatan yang digunakan masyarakat di Eropa


Dari gambaran diatas jelas terlihat dalam kehidupan manusia kuda merupakan salah satu moda transportasi yang paling penting, dan penggunaannya masih tetap saja masih kita lihat dalam kehidupan modern kita. Kuda banyak tercatat dalam sejarah dalam bentuk tunggangan ataupun kereta kuda yang banyak ditemukan dalam relief-relif yang merupakan fakta sejarah.


Makalah Perkembangan Transportasi Sebelum Industri



Makalah Perkembangan Transportasi Sebelum Industri


2.2 Dampak Perkembangan Teknologi Transportasi
Perkembangan alat transportasi memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia dan lingkungan alam. Teknologi transportasi memerlukan bahan bakar sebagai penggerak mesin, yakni minyak bumi. Asap-asap kendaraan mengakibatkan polusi udara di perkotaan, namun alat transportasi juga memiliki dampak positif akan kenyamanan dalam bertransportasi.

Dampak positif teknologi transportasi :
1. Bagi masyarakat dipedesaan, transportasi sangat diperlukan dalam menyalurkan hasil pertanian, perkebunan, dan peternakan ke perkotaan. Sehingga mempermudah hubungan perekonomian masyarakat desa dengan masyarakat diperkotaan.
2. Mempersingkat waktu perjalanan/ tidak memerlukan waktu banyak dalam menempuh perjalanan.
3. Gas karbonmonoksida dari kendaraan bermotor bila bereaksi dengan oksigen diudara akan menghasilkan gas karbon dioksida yang bisa dimanfaatkan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan.
Dampak negatif :
1. Minyak bumi semakin langka seiring perkembangan dan pemakaian alat transportasi terus-menerus.
2. Alam menjadi tidak estetis (indah) , seperti asap kendaraan bermotor yang bercampur dengan debu akan membentuk oksidasi nitrogen yang menyebabkan awan menjadi kecoklatan. Adanya minyak dari kapal yang tumpah dapat menyebabkan kerusakan keindahan laut dan biota didalamnya.
3. Pencemaran udara dan pencemaran suara mempengaruhi psikologi manusia. Bunyi keras yang dihasilkan kendaraan menimbulkan pencemaran udara yang dapat menyebabkan ketulian.
4. Berkurangnya area pertanian dikarenakan peningkatan pembangunan fasilitas transportasi, misalnya : terminal, bandara, bahkan jalan  raya.
5. Tingginya kadar polusi udara, menyebabkan kesehatan masyarakat menurun diakibatkan penyakit saluran pernafasan.

Baca juga : Makalah Upacara Adat Tabuik

2.3 Upaya Mengatasi Dampak Perkembangan Teknologi Transportasi
Berbagai aktivitas manusia membutuhkan energi, seperti batu bara, minyak bumi, air, sinar matahari, angin dll. Permasalahan saat ini adalah semakin berkurangnya cadangan minyak bumi dunia sementara kebutuhan bahan bakar harus tersedia.
Penerapan Prinsip ekoefisiensi dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar antara lain:

1.  Penggunaan sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui, seperti tenaga angin, air, biomassa, dan bahan bakar organik.
2.  Dengan menggunakan akalnya manusia dapat menciptakan mobil yang ramah lingkungan. Seperti Mobil listrik bernama ELITS yang merupakan hasil eksperimen yang dilakukan  oleh tim Laboratorium Konversi Energi Teknik Elektron ITS, yang tujuannya untuk mengantisipasi cadangan minyak bumi yang semakin menipis.
Untuk mengatasi kelangkaan minyak bumi ada beberapa hal harus kita lakukan. Diantaranya:

a. Mengonversi dari penggunaan minyak tanah ke gas
Persediaan minyak tanah yang merupakan produk turunan dari minyak bumi semakin lama semakin menipis. Untuk memperbarui minyak tanah membutuhkan waktu bejuta-juta tahun. Masyarakat Indonesia saat ini masih menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar kompor untuk memasak. Sementara itu, cadangan gas masih banyak dialam. Sehingga dimungkinkan untuk berpindah menggunakan gas.
b. Menghemat pemakaian listrik
Saat ini masih banyak pembangkit listrik yang masih menggunakan mesin diesel sebagai energi pembangkit. Semakin banyak pemakaian listrik kita maka semakin banyak pula minyak bumi yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Dengan melakukan penghematan listrik, maka kita telah membantu mengurangi pemakaian minyak bumi.
c. Mencari sumber energi alternatif baru
Saat ini sudah banyak energi alternatif pengganti minyak bumi. Dengan terus mencari dan mengembangkan energi alternatif maka pemakaian minyak bumi akan semakin berkurang. Hal ini tentu menguntungkan karena energi alternatif dapat diperbaharui dan minyak bumi tidak dapat diperbaharui.
d. Menggunakan BBM secara bijak
Setiap tahun pengguna kendaraan pribadi semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan penggunaan BBM meningkat. Inilah yang mengakibatkan terjadinya kelangkaan BBM. Sistem 3 in 1 yang berlaku di kota besar merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi kelangkaan sekaligus kemacetan.
e. Mengubah pola pikir masyarakat
Tak bisa dipungkiri kebanyakan masyarakat Indonesia masih banyak yang menonjolkan gengsi dan masyarakat konsumsi. Sehingga dalam suatu keluarga ada yang punya kendaraan pribadi untuk masing-masing anggota keluarga. Hal ini akan membuat pemakaian kendaraan akan semakin meningkat yang mengakibatkan kebutuhan terhadap minyak bumi seperti solar meningkat, sedangkan produksi minyak bumi tidak meningkat. Hal inilah akan mengakibatkan kelangkaan.


BAB 3 

PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Pada umumnya teknologi masa lalu masih menggunakan tenaga manual yakni hewan angin ataupun manusia. Selain itu prosesnya juga lama atau lambat. Namun di sisi lain teknologi masa lalu mamiliki kelebihan yakni hampir semua bebas polusi.
Namun seiring berkembangnya pola pikir manusia hingga terciptanya teknologi transportasi, transportasi manual pun ditinggalkan karena penemuan teknologi transportasi yang terbaru dapat menutupi kekurangan dari transportasi manual sebelumnya.
Sehingga kini teknologi transportasi sangat dibutuhkan masyarakat dalam menempuh suatu tempat dengan waktu yang relative lebih singkat. Namun penggunaan alat transportasi memiliki dampak negative jika terus-menerus digunakan, baik dari segi alam dan psikologi manusia.

Dari segi alam :
Berkurangnya lahan alam untuk pengembangan pembangunan jalan raya guna menghadapi pesatnya pertumbuhan kendaraan bermotor (baik motor maupun mobil). Hal tersebut menyebabkan ketidakseimbangan alam seperti aliran air yang tertutup oleh pembangunan jalan raya atau pembangunan fasilitas transportasi, sehingga pada musim penghujan sering terjadi banjir, yang pada ujungnya juga akan merugikan manusia. Jalanan yang banjir menyebabkan jalan banyak yang rusak, sehingga tak jarang menimbulkan adanya korban yang terjatuh. Kemacetan dan kendaraan mogok pun juga tak terelakkan.
Minyak bumi semakin langka seiring perkembangan dan pemakaian alat transportasi terus-menerus. Misalnya dalam satu keluarga dahulu jarang sekali memiliki kendaraan bermotor, sekarang minimal dalam satu rumah sering terdapat dua kendaraan pribadi(motor maupun mobil). Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi transportasi berkembang pesat. Yang pasti berdampak pada penggunaan bahan bakar dalam menjalankan kendaraan tersebut.

Dari segi psikologis manusia:
Pencemaran udara mengganggu manusia dalam kesehatan misalnya iritasi pada mata, kulit, dan saluran pernafasan.
Manusia menjadi cenderung memiliki sifat meremehkan waktu, misalnya : dengan adanya kendaraan motor  perjalanan ke suatu tempat dapat terlampaui lebih cepat oleh karena laju motor lebih ditingkatkan (dalam bahasa sehari-hari *ngebut). Hal tersebut dikhawatirkan dapat terjadi hal yang tak diinginkan (misalnya terjatuh) akibat mengejar waktu dengan mengebut.
Pencemaran suara. Bunyi keras yang dihasilkan oleh kendaraan dapat menyebabkan ketulian.

3.2 Saran
Perkembangan teknologi transportasi baiknya dipergunakan seperlunya, jika menempuh jarak dimana bisa dengan berjalan kaki baiknya berjalan kaki saja. Itu merupakan contoh sederhana dalam mengatasi dampak negatif  dari perkembangan teknologi tranportasi dari segi penggunaan bahan bakar dan mengurangi polusi udara dan pencemaran suara.

DAFTAR PUSTAKA

https://allaboutechnology.wordpress.com/2012/10/18/perkembangan-transportasi-sebelum-dan-sesudah-jaman-industrialisasi/
https://id.wikibooks.org/wiki/Moda_Transportasi/Sejarah_tran

Simpulan

Makalah menguraikan tentang Perkembangan transportasi sebelum industri, dimana permtama kali ditemukan roda sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang.

Demikian uraian di atas tentang Makalah Perkembangan Transportasi Sebelum Industri. Semoga informasi tersebut dapat memberi pengetahuan untuk anda semua, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Perkembangan Transportasi Sebelum Industri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel